Ini Cara Saya Mengusir Kantuk

Kok saya bahas ngantuk mulu ya, apakah saya tipe manusia ngantukan? Sepertinya demikian sodara-sodara *halah* hihihihi.

Saya memang bukan morning person meskipun nggak kuat-kuat banget begadang (ha ha!). Intinya sih, selepas sholat shubuh, akan sangat menyenangkan bagi saya jika bisa kembali tidur dan baru terbangun di pukul 8 atau 9. Yatapi kan itu tidak bisa lagi dilakukan kecuali pas wiken, yes? Jadi ya begitulah, sekitar pukul 10 mata saya kadang kriyep-kriyep, itulah jam ngantuk pertama saya di kantor.

Jadi ada jam kedua periode ngantuk di kantor, Rin?

Ada dong! Sepertinya yang sudah bisa diduga, periodenya adalah sekitar pukul 2-3 sore, jam yang selazimnya memang digunakan untuk  bobo cantik di siang hari. Di saat perut yang sudah kenyang dan pekerjaan yang terasa membosankan seperti menyuruh mata ini untuk mengatup dan terbang ke alam mimpi hihihihi.

Kalau pekerjaan sedang sibuk-sibuknya dan atau sedang banyak masalah sih si ngantuk ini nggak sempet mampir segala macam pastinya. Tapi yaa…seringnya sih begitu kan ya, si ngantuk ini datang tanpa diundang:P.

Nah, beberapa hal berikut biasanya saya lakukan untuk mengusir si kantuk pergi.

1. Cuci Muka

Seringkali cara ini manjur, mata langsung melotot deh tuh kena air dingin kan hihihihi. Meskipun saya kadang malas melakukan hal ini karena setidaknya harus sedikit membuka kerudung untuk cuci muka, dan setelahnya kulit akan terasa kering terkena AC (karena malas pulalah pake pelembab lagi). Mmm…selain ngantukan ternyata saya pemalas hahahaha.

2. Minum air banyak-banyak

Ngantuk nggak ngantuk minum air banyak-banyak memang sangat bagus dan dianjurkan ya. Tapi, kadang berada di ruangan ber-AC itu, kalau buat saya, memang nyaris tidak merasa haus. Apalagi kalau sudah sibuk, lupa deh minum. Atau kalau pun tidak lupa, malas minum karena nantinya kepengen pipis.

Tapi kalau sedang ngantuk, saya sengaja deh tuh minum banyak-banyak, tujuannya ya biar kepengen pipis jadi ada kegiatan lain bolak balik ke toilet :D.

3. Ngopi

Sebetulnya ini sugesti aja kalau buat saya mah, mau minum kopi berapa cangkir pun kalau sudah ngantuk mah ya ngantuk aja. Tapi akhir-akhir ini saya memang sedang mencoba mengurangi kopi. Dari yang biasanya setiap hari paling tidak satu cangkir kopi, sekarang bisa berhari-hari tidak ngopi.

Dan ternyata efeknya lumayan bagi penyakit ngantukan saya, lumayan seger lah (untuk beberapa saat) kalau sudah ngopi hehehe. Aromanya saja sudah bisa membangkitkan semangat lho si kopi ini.

4. Chat

Ada satu grup whatssapp yang tahu betul kalau saya tiba-tiba menyapa berarti itu tandanya saya sedang ngantuk berat! hahahaha. Bisa berwasap ria di laptop tentu saja tidak membuat saya bisa chat sepanjang jam kantor kan, lah emang ini kantor uyut saya? 😛

Tapi ngobrol ringan atau bergosip ria atau ngerumpi hore dengan teman-teman kadang memang bisa jadi pengusir penat dan rasa ngantuk kan? Apalagi kalau ada bahan obrolan yang bisa ditertawakan misalnya, hilang deh tuh ngantuknya dan semangat lagi chat kerja.

Jangan keasyikan tapi ya, bisa-bisa bukan ngantuk yang hilang, pekerjaan juga bisa hilang karena dipecat gara-gara chat mulu hihihihi

5. Nulis

Dalam hal ini menulis yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan pekerjaan ya. Jadi nulis email ke klien nggak termasuk hitungan yaa :P.  Jadi kadang saya buka file word kosong, dan nulis deh tuh apa pun yang terlintas di kepala saya saat itu. Bisa meluapkan kekesalan sama si Bos, bisa rencana sepulang saya ngantor nanti, bisa cerita fiksi yang tiba-tiba melintas di kepala.

Dan atau, menulis di blog seperti ini! hahahahaha

Mungkin, karena menulis itu memaksa otak bekerja ya, jadilah si rasa ngantuk yang sebelumnya menguasai jadi terusir deh hehehe. Tapi karena itu juga, jarang bisa menjadi pilihan untuk dilakukan, hawong lagi ngantuk kok disuruh mikir :P.

*

Wahhh…ternyata sudah ada 5 poin ya hihihihi. Lumayan juga nih listicle ngaco saya ini ya *muji diri sendiri*. Ya sudahlah ya, yang penting sekarang saya sudah tidak merasa ngantuk, dan blog ini akhirnya bisa terisi lagi :D.

Kalau teman-teman gimana? Apa sih yang temans lakukan kalau ngantuk di kantor? Share doooong ;).

 

Advertisement

38 thoughts on “Ini Cara Saya Mengusir Kantuk

  1. Saya gak pernah kerja di kantor. Dulu pekerja lapangan. Sekarang jadi pedagang. Klo pas ngantuk di siang hari ya langsung tiduran. Klo ada pelanggan baru melek lagi. Gitu. Pokoknya jangan sampai ketiduran ha ha ha……

    Juga udah biasa ngopi. Klo mo nggak ngantuj lagi biasanya tidur lebih awal. Biar bisa puas tidurnya.

    Liked by 1 person

  2. Coba jalan-jalan ke luar ruangan, Rin. Denga berjalan aliran darah akan semakin kencang sehingga bisa mengurangi kantuk.
    Kalo saya jam mengantuk itu setelah makan siang, bawaannya pengen tidur banget.

    Like

  3. Kalau ngantuk di pagi hari, biasanya aku langsung ambil raket trus main deh di samping rumah. Tidur abis Subuh kan bahaya Rin. Kalau jam kerja, dulu biasanya abis maksi, nguantuk puoll. Ngopi sih biasanya ama cuci muka. Ngemil bisa jadi solusi, tapi instan banget. Abis itu, tambah ngantuk…. 😀

    Like

  4. as gardener… what i must do when i’m sleppy??
    :/ mmm kalo cuma minum sih saya nggak manjur! hahaha karena tugas di lapangan, jadinya sering dehidrasi dan alhamdulillah sekarang selalu ditemani botol air.
    Soal ngopi… biasanya saya udah ngopi di pagi hari.

    so biar nggak ngantuk biasanya saya..
    *dengerin musik cadas!! yang up beat banget lah pokoknya!
    *Baca buku atau bacaan favorit, kalo saya sukanya tentang sosok atau peristiwa yang inspiratif, nanti jadinya semangat bakal balik.
    *Siramin bunga dan taneman. yaa ini sih menyangkut hobi aja sih. kalo hobi masak, boleh kok langsung lari ke dapur.
    *Makan cemilan. Biasanya nantuk itu juga disebabkan kurangnya asupan kalori. hehee *sok tahu!

    itu aja sih. boleh dicoba lho! 😀

    Like

  5. Hihihihi emang bener deh mak..jam ngantuk saat ngantor itu ya jan 2an gitu…dan aku pun dulu kalo pas lg ngantuk banget, chat aja dulu sebentar ama temen2.. Ocip2 seru biar melek.. 😀

    Like

  6. Ha ha..
    Saya biasanya ngopi Mbak. Mungkin karena jarang ngopi…. lumayan sih berasa efeknya. Hilang ngantuknya.
    Kalau sampai super ngantuk di kantor ( jarang terjadi dan biasanya hanya karena jetlag) saya pergi ke rest room. Cuci muka dan pencet ketiak kenceng kenceng…ha ha..

    Like

  7. Nah kan kalau Orin nyapa di grup berarti lagi nundutan, ya? hehehe.. AKu mah ga dikasih kopi aja bisa melek sampai jam 12 malam. Kebayang lah kalau minum kopi bisa melek lebih lama. Makanya kalau kepaksa aja sekarang mah ngopi mah. Ternyata aku ada temen, bisa ngantyk 2 periode dalam sehari hihi asik ada temen *malah seneng*

    Like

  8. Aku kadang curi-curi waktu tidur di kursi wkwkwk.. apalagi masih jam istirahat, bobo ayam 10 menit ngaruh bangat loh. Entah kenapa ke kantor bawaannya ngantuk mulu dan pembelaan diri dengan minum kopi, sempat seminggu nga ngopi trus minggu berikutnya balik lagi ngopi. Tapi tiba di rumah badan dan mata seger bangat, nyeselin bangat wkwkwkwk..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s