[Review + Giveaway] Panduan Cepat Mendapatkan Buah Hati

Enam tahun menunggu malaikat kecil-malaikat kecil yang akan meramaikan rumah mungil kami, membuat saya menyibukkan diri untuk mengupayakan segala sesuatu yang bisa saya lakukan. Saya percaya, seperti halnya rezeki-jodoh-kematian, semuanya hanyalah wewenang Sang Penggenggam Kehidupan semata, maka saya hanya diwajibkan berikhtiar, bukan? Pun soal momongan ini, siapa tahu, setelah melihat perjuangan saya, Tuhan kasihan gitu ya sama saya :).

Dalam rangka busy while waiting saya ini, membaca buku yang berkaitan dengan program kehamilan adalah salah satu upaya saya. Nah, kebetulan nih Stilleto Book baru saja meluncurkan buku “Panduan Cepat mendapatkan Buah Hati” karya Yulinda Puspita. Sangat tepat untuk saya baca kan ya.

Mari saya tuliskan blurbnya.

*

Judul : Panduan Cepat Mendapatkan Buah Hati
Author : Yulinda Puspita
Pembaca Ahli : Bidan Ainun Nufus
Desain Cover : Pungki Letizya
Penerbit : Stiletto Book
Halaman : xiv + 230 hlm
Cetakan : Pertama, 2016
ISBN : 978-602-7572-59-1
Panduan Cepat Mendapatkan Buah Hati merupakan buku yang sangat tepat Anda baca jika saat ini sedang menunggu kehadiran si kecil di tengah keluarga. Dalam buku ini, semuanya dijabarkan dengan tuntas mengenai pemahaman dasar tentang kehamilan sampai tip-tip yang bisa Anda dan pasangan Anda lakukan, di antaranya:
  • Pemahaman tentang sistem reproduksi
  • Cara mengenali masa subur
  • Faktor penghambat kehamilan beserta solusinya
  • Yoga kesuburan yang bisa Anda lakukan
  • Herbal alami untuk meningkatkan kesuburan
  • Tip agar tetap harmonis bersama pasangan
  • Sampai, alternatif lain mendapatkan buah hati

Benar, anak adalah titipan Tuhan. Namun, kita sebagai manusia sudah sepatutnya berikhtiar dan berdoa. Salah satunya adalah dengan membaca dan mempraktikkan apa yang sudah ada di dalam buku ini.

*

Review saya sederhana saja. Bahwa setelah membaca buku ini, ternyata masih baaaanyak sekali yang belum saya tahu tentang seluk beluk kehamilan ini. Misalnya nih, ternyata ada alat (semacam testpack) untuk mengetes apakah kita (yang perempuan-perempuan tentunya :P) sedang dalam masa ovulasi atau tidak lho!  Cara menggunakannya sama. Serius ini saya baru tahu hahahaha. Sepertinya akan langsung saya hunting nih alat ini. Jadi setelah menggunakan system kalender, bisa langsung panggil AM alias pak suami kan ya kalau saya ternyata sedang masa subur #eh hihihihi.

Seperti poin-poin yang sudah tertulis di dalam blurb, demikianlah buku kecil ini memaparkan setiap poin dengan jelas di setiap bab. Ada sembilan bab berikut dalam buku berwarna pink yang unyu-unyu ini.

  1. Pengetahuan Dasar Tentang Kehamilan
  2. Pemahaman Tentang Sistem Reproduksi
  3. Mempersiapkan Kehamilan
  4. Zat Dan Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan
  5. Herbal Alami Untuk Meningkatkan Kesuburan
  6. Tip-Tip Meningkatkan Kesempatan Hamil
  7. Alternatif Lain Mendapatkan Buah Hati
  8. Mitos-Mitos Seputar Kehamilan
  9. Mendapatkan Buah Hati Sesuai Dengan Jenis Kelamin Yang Dibutuhkan
Di setiap bab-nya, teman-teman bisa memperoleh insight baru. Ada beberapa hal yang dituliskan di buku memang sudah saya lakukan sekarang, seperti gaya hidup sehat dan berolahraga secara teratur, misalnya. Atau memilih bahan makanan yang bisa memicu produksi sel telur dengan baik. Atau kesukaan saya akhir-akhir ini untuk beryoga ria, karena ada yoga kesuburan, mesti private ke guru yoga saya nih, minta diajarin pose yang khusus untuk itu hihihihi.
Selanjutnya, ada yang membuat saya shock di bab Mitos-mitos seputar kehamilan. Di sana disebutkan bahwa memang perempuan yang sedang melakukan program hamil sebaiknya mengurangi kopi. Huwaaaaahhhh!! Duh, padahal saya berharap itu memang cuma mitos lho, ternyata faktanya memang begitu hiks hiks *menatap nanar secangkir kopi yang tidak bisa lagi saya nikmati sering-sering* *lebay*. Nama pun usaha yes? Nggak apa-apalah ya puasa ngopi dulu :D.
Ada juga waktu yang tepat untuk bercinta lho! Jangan saya sebutkan di sinilah ya, nanti khawatir … *ilang sinyal*.
Banyaklah pengetahuan-pengetahuan lain yang bisa teman-teman pelajari dari buku ini. Alhamdulillah banget ada buku seperti iini, terima kasih ya, Mbak Yul *sok ikrib* *ketjup*.

Giveaway Time! Saya punya satu buku kece ini untuk teman-teman dengan komentar terbaik di postingan ini. Syaratnya gampil, seperti berikut:
  1. Peserta memiliki alamat pengiriman di Indonesia
  2. Follow Twitter @Stiletto_Book, dan @rindrianie. Yang punya IG boleh lho follow akun stiletto_book dan akun @neng_orin yaa (modus hihihihi)
  3. Jangan Lupa untuk like Facebook Fanpage Stiletto Book
  4. Share info GA ini disalah satu media sosial yang kamu punya. Jangan lupa untuk mention akun Stiletto Book dan saya di twitter dengan hastag #CepatMendapatkanBuahHati
  5. Jawab Pertanyaan di kolom komentar dengan format : nama, akun twitter, dan jawabanmu.

Pertanyaannya adalah:

“Apa mitos tentang kehamilan yang kamu tahu? ”

Misalnya nih, saya pernah disuruh Mamah menginjak jempol orang yang lagi hamil biar ketularan hamil, entah sudah berapa jempol orang hamiil yang menjadi korban injakan saya hahaha. Nah, gampil kan ya pertanyaannya, bisa tanya mbah gugel lho ya. Pokoknya jawaban mitos yang paling unik yang akan saya pilih sebagai pemenang :D.

Giveaway ini berlangsung dari 3 Oktober – 7 Oktober 2016 pukul 24.00 saja yaa. Pengumuman pemenang akan saya posting di sini pada 8 Oktober 2016. Ditungguuuu :-*

Advertisements

Semacam Rekomendasi Buku

Hai haaaaai, saya datang lagiiiii, dan langsung ikutan giveaway! hahahahaha. Yaabis gimana atuh ya, Giveaway for Booklovers gitu judulnya, jadi sebagai booklover garis keras, saya merasa terpanggil untuk ikut ambil bagian dalam perhelatan ini *tsaaah*.

Eniwey, seperti dalam postingan Kenapa Suka Membaca, tidak perlu saya jelaskan ulang lah ya alasan saya jadi booklover, yang jelas, buat saya membaca (buku) merupakan satu dari sekian banyak hal yang bisa membuat saya bahagia. Lebay yah? Iya emang hihihihihi.

Sedikit bercerita selama dua minggu di kantor baru, saya memilih menggunakan sisa jam istirahat (setelah makan dan sholat) dengan membaca buku. Padahal, hampir semua teman-teman saya menggunakannya dengan bobo siang di mushola, di loker, atau di meja masing-masing. Maka saat seorang teman menemukan saya malah asyik baca buku di jam istirahat, tertakjub-takjublah dia.

Continue reading

Reading Challenge : The 100-Year-Old Man Who Climbed Out of The Window and Disappeared

Iya, temans, judul novelnya memang sepanjang itu! Kalau dibahasa-Indonesiakan akan lebih panjang: Lelaki berusia 100 tahun yang memanjat keluar jendela dan menghilang. Eh, sebelas dua belaslah ya panjangnya hihihi *abaikan*.

Tapi justru karena itulah -menurut saya- novel ini sangat menarik. Saking menariknya, saya merasa harus ‘mengabadikan’ kesan saya terhadap Allan Emmanuel Karlsson dalam novel kolaborasi saya Yesterday in Bandung itu. Nah, jadi ketahuan deh ya saya menulis tokoh siapa di sana hihihihi.

DSC_0012

Baiklah, karena ini reading challenge (yang pertama yang saya ikuti di MFF hihihihi *peace*), mari langsung saja kita jawab pertanyaan dari Jeng Vanda berikut:

Continue reading

Citra Rashmi

Postingan ini bukanlah review, hanya sekadar kesan saya setelah membaca novel Tasaro GK berjudul Citra Rashmi.

Saya lupa tepatnya kapan, saya menyukai karya Tasaro. Kalau tidak salah sih saya membaca cerpennya entah di mana. Lantas mulai mencari tulisannya yang lain, karena saya menyukai gaya bahasanya yang sederhana tapi seperti puisi *nah, bijimane tuh? hihihihi*.

Maka saya pun membaca Muhammad – Lelaki Penggenggam Hujan, buku pertama dari novel biografi Nabi Muhammad SAW yang konon katanya akan terdiri dari 4 buku (sekarang baru terbit 3 buku). Novel Muhammad – Lelaki Penggenggam Hujan belum sempat saya selesaikan, keburu rusak akibat banjir hiks. Sepertinya nanti saya beli setelah lengkap sajalah ya empat buku :D.

Continue reading

Still Alice

Rupanya September adalah bulan Alzheimer sedunia ya, temans, saya baru tahu nih. Sejak menonton Grey’s Anatomy saya memang lumayan tertarik dengan Alzheimer ini, ditambah kisah cinta yang manis dari film The Notebook, apalagi waktu itu cerpen saya sempat jadi juara harapan gitu kan ya di lomba menulis bertema Alzheimer *tsaah*.

Maka saat beberapa hari yang lalu ada launching novel Still Alice yang bercerita tentang penderita Alzheimer, saya pun menyengajakan diri hadir. Bertempat di Gramedia Matraman, peluncuran buku ini dilengkapi juga oleh talkshow bersama DY. Suharya (direktur Eksekutif Alzheimer Indonesia), dan dr. Yuda Turana Kepala Pustikes Unika Atma Jaya). Dan saya pun banyak belajar.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Mbak DY merupakan caregiver bagi Ibunya yang menderita Alzheimer selama kurang lebih 20 tahun ini. Tapi baru beberapa tahun belakang saja, mbak DY dan keluarga tahu kalau ‘penyakit’ yang diderita Ibu adalah Alzheimer, sehingga dengan pemahaman yang cukup, bisa melakukan perawatan-perawatan yang memang diperlukan bagi penderita Alzheimer.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Saya juga sempat bertanya pada Pak dokter Yuda, kenapa risiko perempuan lebih tinggi untuk terkena demensia Alzheimer dibandingkan lelaki. Penjelasan beliau adalah karena saat mencapai usia menopause, hormon estrogen pada perempuan secara drastis tidak lagi diproduksi, hal ini yang menjadi pemicu Alzheimer terjadi, terlebih pada mereka yang memang memiliki gen Alzheimer.

Bagi teman-teman yang ingin lebih tahu tentang Alzheimer, sila kunjungi http://www.alzheimerindonesia.org/ yaa. Banyak informasi tentang Alzheimer di sana. Misalnya saja (yang menjawab rasa penasaran saya selama ini) Alzheimer ini pertama kali dijelaskan oleh seorang ahli saraf Jerman Alois Alzheimer.

Balik lagi ke novel Still Alice, bagi saya novel ini merupakan sarana belajar yang asyik untuk berkenalan lebih jauh dengan Alzheimer. Novel yang ditulis Lisa Genova ini sudah difilmkan, dibintangi Julianne Moore yang meraih Academy Award for Best Actress. Karena saya belum nonton filmnya, mari saya ceritakan sedikit tentang novelnya.

Alice Howland adalah seorang profesor piskologi di Harvard yang merupakan ahli linguistik yang mumpuni. ‘Keanehan’ dalam hidup Alice berawal sejak September 2003, saat Alice mengunjungi putri bungsunya Lydia di Los Angeles dan menginformasikan jadwal penerbangan yang salah.

Alice juga memiliki rasa cemburu dan emosi yang tidak terkendali terhadap suaminya, John, sesuatu yang belum pernah dialami Alice. Tapi Alice menganggap gejala-gejala itu mengacu pada menopause karena usianya yang 50 tahun, maka dia tidak bisa percaya begitu saja saat dokter syaraf memvonisnya terkena serangan dini Alzheimer.

Tapi setelah serangkaian tes neuropsikologi, MRI, bahkan sumsum tulang belakang, seluruh hasilnya membuat dr. Davis yakin, bahwa yang sedang dialami Alice bukan sekadar gejala menopause atau depresi karena pekerjaan, melainkan serangan dini Alzheimer yang progressif. Berita buruk itu diterima Alice pada Januari 2004 (halaman 68-90). 

Penyakit itu betul-betul mengerikan. Alice tersesat di rumahnya sendiri hingga kencing di celana karena tak dapat menemukan di mana toilet. Dia tak bisa lagi mengajar di kelas padahal dia sudah menjadi dosen selama 25 tahun untuk mata kuliah tersebut. Alice juga lupa resep puding yang sudah dibuatnya sejak kecil. Meletakkan novel yang sedang dibacanya ke dalam microwave. Bahkan saat menonton pertunjukan drama, Alice tidak tahu bahwa Catherine di dalam cerita adalah Lydia anaknya (halaman 175-176).

Alice Howland ingin melakukan sesuatu. Dia membuat kelompok dukungan untuk orang-orang yang mengidap Alzheimer seperti dirinya, orang-orang yang akan mengerti dengan baik bagaimana rasanya hidup di dunia asing yang tak lagi dikenali, tapi masih memeliki energi dan fisik yang cukup bugar karena mereka memang belum terlalu tua. Hal ini membuat Alice, pada Maret 2005, berbicara di depan hadirin Konferensi Peduli Demensia.

Dan salah satu bagian dari pidatonya itu berhasil membuat saya mewek dan menghabiskan banyak sekali tisu *halah*.

“Hari-hari kemarin saya sudah menghilang dan hari-hari esok saya tidak pasti, jadi untuk apa saya hidup? Saya hidup untuk setiap harinya. Saya menikmati setiap waktu yang berlalu. Tak lama lagi di masa depan, saya akan lupa bahwa saya berdiri di hadapan Anda dan menyampaikan pidato ini. Tapi, hanya karena saya akan melupakannya kelak, tidak berarti bahwa saya tidak menikmati setiap detiknya hari ini. Saya akan melupakan hari ini, tapi tidak berarti bahwa hari ini tidak berarti.” (halaman 259)

Endingnya? Baca sendiri aja atuhlah ya hihihihi. Saya ingin sekali menonton filmnya, sudah terbayang itu gimana Julianne Moore a.k.a Alice Howland berkisah. Semoga filmnya segera muncul di Fox Premium atau HBO *berdoa khusyuk* :D.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Ada kah yang sudah baca (atau nonton) Still Alice?

Autobiografi Parenting

Jakbook-Edufair

Kemarin saya datang ke Jak Book & Edu Fair lho, bukaaaan, bukan ingin tahu kenapa Pak Gubernur marah-marah, tapi memenuhi undangan untuk menyaksikan talkshow singkat terkait buku autobiografi parenting yang ditulis Astrie Ivo.

Nggak tahu Astrie Ivo? Duh, kemana ajaaaa. Kalau Inneke Koesherawati tahu? Pokoknya mah mbak-mbak berdua itu makhluk jelita yang membuat saya merasa seperti itik buruk rupa #eeaaa, penasaran sih, sepertinya hukum gravitasi kok nggak berlaku ya di mereka? Mbak Aci itu usianya sudah lima puluh tahun lebih lho! *takjub*.

Talkshow-nya sendiri merupakan sharing kedua narsum dalam mendidik buah hati mereka. Mbak Astrie memiliki 3 anak lelaki, yang bungsu sudah usia SMU. Mbak Inneke memiliki sepasang anak-anak yang masih terbilang kecil. Sehingga dari keduanya para hadirin bisa menerima ilmu yang sedikit berbeda dalam parenting karena zamannya yang sedikit berbeda.

Mbak Inneke misalnya, melarang anak-anaknya untuk menonton sinetron yang tayang di banyak stasiun TV, sama sekali tidak boleh, karena khawatir memberikan pengaruh buruk. Sementara Mbak Astrie bercerita sejak anak-anaknya kecil di keluarga mereka diwajibkan setidaknya untuk sholat maghrib-Isya-Shubuh berjamaah di rumah. Kebiasaan ini harapannya adalah agar ketiga anaknya selalu ingat akan Alloh SWT dalam seluruh aspek kehidupannya.

Talkshow ini memang dimaksudkan juga untuk launching buku ‘Sepasang Sayap Menuju Surga’ yang ditulis oleh Yugha Erlangga dan Astrie Ivo, diterbitkan oleh Emir, imprint dari Penerbit Erlangga yang khusus menaungi buku-buku Islami. Buku ini bercerita tentang bagaimana seorang Astrie memulai rumah tangga dan mendidik ketiga putranya. Frasa sepasang sayap ini dimaksudkan adalah sinergi dari kedua orang tua dalam mendidik anak-anak, bahwa peran ini bukan menjadi tugas seorang Ibu semata, tapi juga Ayah.

Saya belum selesai sih baca bukunya, nanti Insyaalloh saya tuliskan reviewnya kalau sudah selesai semua ya. Tapi membaca buku ini, memang seperti mendengarkan mbak Astrie bercerita tentang hidupnya. Bagaimana dia ber-first sight love dengan suaminya, bagaimana dia ingin menyerah waktu keduanya kuliah di Jerman dan merasa sangat sulit menjadi seorang istri. Baru sampai bab itu sih, jadi belum bisa bercerita banyak saya hehehe.

Yang paling saya ingat dari acara kemarin ini adalah nasihat dari Ivo Nilakresna, ibunda dari Astrie Ivo, saat mbak Astrie tengah bertengkar hebat dengan suaminya, Ibu Ivo berkata (kurang lebih) “Telan saja, yang pahit-pahit itu akan membuatmu lebih kuat. Terima kekurangan suamimu karena kamu juga tidak sempurna.” Makjleb ya Ceuuu heuheu.

Ya sudah sebegitu dulu saja ya, barangkali mampir ke toko buku, ini nih penampakan bukunya.

Sepasang Sayap Menuju Surga

Sepasang Sayap Menuju Surga