Colouring for Relaxation

Kalau teman-teman menjadi follower IG saya (akunnya @neng_orin by the way :P), pasti pernah melihat foto di bawah ini:

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Saya lagi ngapain kok sampai tegang begitu? Sedang mewarnai! hahahaha :P.

Saya memang suka menggambar, tapi bukan berarti pintar GAMBAR ya #eeaaa, pokoknya dari kecil, seingat saya memang suka menggambar. Lebih tepatnya suka meniru gambar di buku cerita, misalnya. Atau gambar kartun di majalah, dan biasanya hampir mirip sehingga sering dituduh menjiplak. Tapi saya tidak ingat kalau saya suka mewarnai :D.

Jadi wajarlah ya, foto di atas itu menampilkan ketegangan saya atas sebuah prosesi mewarnai? *halah*. Sepertinya saya yang (lumayan) perfeksionis ini terlalu serius mewarnai, khawatir warnanya keluar garis, khawatir warnanya tidak sesuai, dan sebagainya dan seterusnya. Bukannya relaksasi, saya malah tambah stres. Blah!

Ceritanya begini, temans. Tanggal 31 Oktober itu, saya menghadiri book launching di Gramedia Matraman. Buku ini berjudul Colouring for Relaxationditerbitkan Faber-Castell, dan ada paket bundling beserta 30 connector pen dengan harga 235K. Ini dia nih bukunya.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Mewarnai untuk orang dewasa ini sedang happening banget kan ya akhir-akhir ini. Kegiatan yang sempat diidentikkan dengan kesukaan anak kecil ini konon kembali digemari saat kemunculan buku Secret Garden: In Inky Treasure Hunt and Colouring Book yang diterbitkan tahun 2013 di Eropa. Sejak itu, mewarnai tidak saja milik para bocah di TK, dan kegemaran baru ini sampai juga di Indonesia.

Melihat hal ini, Pak Yandramin Halim, Managing Director Faber-Castlee International Indonesia, merasa tertantang untuk menghadirkan alternatif lain bagi orang dewasa yang senang mewarnai lewat Colouring for RelaxationHarapannya, buku ini bisa melepaskan ketergantungan orang dewasa dari gadget dan sejenak kembali ke masa kecil yang indah.

Dan ternyata mewarnai (bagi orang dewasa) ini sudah terbukti memiliki beberapa manfaat, misalnya saja bisa menghindarkan diri dari stres, membantu otak untuk fokus, dan melatih berpikir kreatif. Bahkan, karena setiap gambar yang kita warnai adalah masterpiece yang merupakan karya kita sendiri, bisa menjadi sebuah penghargaan bagi diri sendiri.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Ada Mbak Dian Vita, yang merupakan co-founder dari komunitas Tabrak Warna, mengatakan bahwa kehadiran buku ini sangat membahagiakan, karena kualitas kertas Colouring for Relaxation yang baik, akan membuat gambar dan warna di dalamnya tidak akan mudah rusak atau pudar, berbeda jika gambar di print di kertas biasa untuk diwarnai.

Dari mbak Dian juga, saya belajar bahwa mewarnai memang harus tidak memiliki target, misalnya : satu gambar harus selesai diwarnai dalam jangka waktu 3 hari! Mewarnai juga memaksa otak kita untuk berpikir bebas, bebas-bebas saja mewarnai batang pohon dengan warna pink, atau mewarnai seekor katak dengan warna ungu, atau sekuntum bunga matahari dengan warna coklat, pokoknya bebaaaas, sebebas saat kita kecil dulu memandang dunia sesuka hati *tsaaaah*.

Silakan lho ya dicoba, cukup menyenangkan kok, benar-benar terasa bernostalgia ke berpuluh silam saat menelungkup di lantai dengan buku gambar dan pensil warna. Walaupun sepertinya relaksasi jenis ini kurang cocok bagi saya hihihihi :).

SAMSUNG CAMERA PICTURES

 

Advertisement

21 thoughts on “Colouring for Relaxation

  1. aku seminggu ini baru nyobain mewarnai ini teh, tapi aku ga beli bukunya, aku cari di pinterest trus di print aja.. 😀

    tapiii, kadang suka stress jg, mikir mo pake warna apa yaaaa…niatnya ngilangin stress eh tetep aja stress.. 😀

    Like

  2. Oriiiiin…
    tapi aku teh suka gak sabaran kalo disuruh mewarnai Riiiin…jigana pabalatak da bhahahaha…
    Iya lho, aku sempet lihat beberapa temenku share ttg mewarnai di FB, kayaknya lagi happening banget yah 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s