Demi Tidur yang Berkualitas

Temans, berapa jam sih waktu tidur kalian? Tidur malam ya maksudnya, bobo siang cantik atau tertidur di CL mah nggak usah masuk hitungan hihihi. Jadi berapa jam nih? 5 jam? 11 jam?

Normalnya, saya tidur sekitar pukul 11an dan terbangun sekitar pukul 5an, jadi rata-rata setiap malam tidur selama kurang lebih 6 jam. Kondisi tidak normal ya begadang-begadang dikit kalau ada deadline menulis atau ada film bagus di TV, tapi biasanya sih kalau begitu, habis sholat shubuh tidur lagi sih, dan malah bangunnya siang banget hahahaha *jangan ditiru!*

Idealnya, ternyata di usia saya sekarang ini recommended range-nya adalah 7-9 jam, walaupun 6 jam pun masih dianggap ‘appropriate’ hehehehe.

sleep

*sumber : sleepfoundation.org

Kenapa saya tiba-tiba ngobrolin soal tidur? Karena seorang teman curhat akhir-akhir ini dia terserang insomnia, sulit sekali tidur tapi gampang terbangun, dan kalau udah bangun ya wasalam nggak bisa tidur lagi meskipun masih pukul 2 pagi, misalnya. Waduh, berat juga nih masalahnya kan ya, karena walau bagaimanapun tidur berkualitas itu penting untuk kesehatan tubuh kita. Meskipun sudah dewasa, saya sih biasanya cranky gitu deh ya kalau kurang tidur heuhuheu.

Mengatasi insomnia sih –berdasarkan beberapa artikel yang saya baca- bisa dengan minum susu hangat sebelum tidur, tidak makan makanan berat sehingga perut sudah tidak ‘bekerja’ menjelang tidur, atau membaca buku agar mata cepat merasa lelah. Tapi yang terpenting, seperti saran saya ke teman saya itu, mungkin harus dicari tahu dulu penyebab insomnianya ya, apakah sedang banyak pikiran, atau di kamar banyak nyamuk, barangkali? Hihihihi *abaikan*.

Atau mungkin masalahnya ada di peralatan tidurnya? Kain seprai yang tidak menyerap keringat misalnya. Atau bantal-guling-kasur yang sudah tidak nyaman lagi dipakai tidur.

salah satu kebiasaan saya sebelum tidur: baca buku!

salah satu kebiasaan saya sebelum tidur: baca buku!

Saya sih sudah lumayan klik dengan seprai Grand Shamira, bisa langsung pulas bablas sampai pagi. Tapi ini nih, kasur yang saya pakai (berarti sudah 5 tahun lebih) sepertinya sudah minta diganti. Mulai terasa si kawat per-nya hihihi. Lagi naksir Central Spring Bed, mesti dijadikan wishlist buat tahun baru kayaknya nih. Tapi demi tidur yang berkualitas nggak apa-apa kan? *modus* 😉

Advertisement

13 thoughts on “Demi Tidur yang Berkualitas

  1. Saya sekarang rata-rata tidur malam cuma 4,5 jam. Kecuali kalo abis olahraga sore tiap sabtu/minggu, malamnya bisa tidur 5 jam. Kalo siang jam istirahat saya tidur satu jam.
    Teman Rin gak bisa tidur mungkin dia lelah pikiran, hehehe…

    Like

  2. Kalau mau tidur enak …
    pagi-siang-sorenya saya harus kerja atau sedikit berolah raga …
    InsyaALLAH … tidurnya nyenyak … (walaupun tidak pakai seprei yang disebut itu … )(hehehe)

    Salam saya

    Like

  3. Saya akan mengalami kesulitan tidur, jika lagi banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dengan jadwal yang sangat ketat. Sampai-sampai kebawa mimpi tuh pekerjaan, haha.. 😀

    Like

  4. bener banget tidur harus berkualitas demi menjaga mood sepanjang hari kan.. 😀
    btw, kasur di rumah eykeh juga kayaknya hrs segera di ganti juga deh, secara udah penuh ompol Kinar hihihihihi

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s