JAWARA! Langgam Hati dari Marunda

Ada yang belum punya rencana untuk wiken besok? Kalau belum, ada alternatif tontonan bermanfaat di GKJ nih, sandiwara betawi!

Kalau temans sempat membaca postingan saya Tentang Teater Abnon beberapa waktu lalu, sandiwara ini sudah saya ceritakan sedikit. Bahwa sandiwara ini adalah merupakan produksi dari Teater Abang None Jakarta, Mpok Maudy sendiri yang menjadi produsernya. Kali ini bekerja sama juga dengan Djarum Apresiasi Budaya. Para pemainnya adalah mantan abang none terpilih yang telah dilatih khusus sejak Februari lalu dengan berbagai aliran silat asli betawi dan pelajaran akting.

Bang Atien Kisam, salah seorang pewaris asli kebudayaan Betawi, menjada penata gerak dalam pementasan ini. Para pemain (ada sekitar 35 orang) dibekali ilmu beladiri dari tiga perguruan besar silat Betawi, yaitu Sabeni Tenabang, Harimau Belut Putih, dan Pusaka Jaya.

Tujuan utamanya tentu saja memperkenalkan budaya betawi kepada masyarakat. Bahwa Betawi itu bukan hanya ondel-ondel, atau tanjidor, atau kerak telor saja, tapi masih baaanyak lagi yang lain. Misalnya seni beladiri silat Betawi ini.

Saya sempat sedikit ngobrol dengan None Fitri, yang melakonkan Mirah sang pemeran utama, yang bercerita dia sering sekali terkilir dan memar-memar saat latihan. Mbak Fitri yang masih bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan pun rela ngojek dari kantor ke tempat latihan hampir setiap hari. Salut yah.

Tahu David sang komika yang menjadi juara Stand Up Comedy di salah satu stasiun TV? Nah, dia juga ikutan main di lakon JAWARA ini. Menjadikan pementasan ini paket lengkap, aksi laga, drama, tarian, dan bumbu komedi. Satu hal lagi, pagelaran kali ini dilengkapi juga dengan adegan-adegan yang digambar seperti dalam komik lho, JAWARA ini memang berbeda.

Waktu Press conference-nya di Galeri Indonesia Kaya, saya sempat melihat tiga pemeran utamanya berantem, seruuuu. Sudah terbayang bagaimana menegangkannya pementasan ini di panggung yang lebih luas, dengan tata lampu dan set dekorasi yang mendukung cerita, dialog antar pelakon dan juga musik latar. Huwaaaah, malah jadi kangen main teater saya hihihi.

Yuks yang belum punya acara, segera ke Gedung Kesenian Jakarta, tiketnya tersedia juga di gerai Seven Eleven. Hanya ada 3 pementasan, Sabtu 24 Oktober pukul 19.30 WIB, dan Minggu 25 Oktober 2015 pukul 15.30 WIB dan 19.30 WIB yaa ;).

11 thoughts on “JAWARA! Langgam Hati dari Marunda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s