Filosofi Kopi The Movie

Siapa yang udah nonton film ini cung! :))

Mulai tayang persis tanggal 9 April ini sih, tapi kemarin lusa saya nonton premiernya lhoooo *kibas jilbab* hihihihi. Film yang diadaptasi dari cerpen Dewi Lestari ini dibintangi Chicco Jerikho (Ben), Rio Dewanto (Jody), Julie Estelle (El), hingga Slamet Rahardjo-Jajang.C.Noor-Tara Basro dan lain-lain dan lain-lain. Kalau yang sudah baca cerpennya, pasti ingat bahwa tokoh El tidak ada dalam cerita, tapi kehadiran cewek Perancis yang ceritanya sedang melakukan riset untuk menulis buku ini tidak mengganggu kok, malah bikin seru.

Barangkali ada yang belum tahu, mari saya ceritakan sedikit tentang plotnya.

Filosofi Kopi adalah sebuah kedai kopi milik Jody (dan Ben, secara tidak resmi), Ben adalah barista sang peracik kopi yang memiliki passion besar terhadap kopi. Sepanjang film, kalimat “gue nggak bercanda kalau soal kopi” akan banyak dia katakan. Konfliknya adalah, kedai kopi peninggalan almarhum ayah Jody itu terlilit utang, sehingga Jody dan Ben berupaya keras mencari cara untuk membayar utang itu.

Datanglah seorang pengusaha yang menantang Ben -sebagai seorang barista mumpuni menurut sebuah artikel di koran- untuk meracik kopi paling enak yang belum pernah ada *tsaaah*. Hadiah yang dijanjikan sang pengusaha adalah 1M! Masalah utang akan segera terselesaikan tanpa Jody dan Ben harus memecat karyawan atau pun menurunkan kualitas kopi yang dijual, jika Ben bisa menaklukkan tantangan si pang pengusaha.

Maka Ben berkonsentrasi penuh menciptakan racikan kopi enak itu, Perfecto pun lahir. Racikan kopi itu dijadikan signature coffee di Filosofi Kopi, hingga kemudian El datang dan mengatakan bahwa Perfecto tidaklah sesempurna namanya. Kenapa? Karena ada kopi Tiwus milik Pak Seno di Ijen yang lebih enak. Ben tersinggung berat lah ya, dan kemudian … kalian harus nonton sendiri filmnya *ups* qiqiqiqi.

Konon, dari sekian film yang mengadaptasi novel dan cerpennya, Film Filosofi Kopi ini menjadi favoritnya Dewi Lestari lho hohoho. Saya sendiri menikmati menonton film ini, setiap karakter memiliki konflik pribadinya sendiri (jadi karakter mereka lebih kuat dan menonjol). Dialog-dialognya ringan meskipun dalam, yahhh … nama pun ‘filosofi kopi’ yaa, jadi banyak falsafah kehidupan di dalamnya *halah*. Misalnya nih, ada quote (kurang lebih) seperti ini “sesempurna apa pun, kopi adalah kopi, yang tetap memiliki rasa pahit”, atau “hidup ini indah sebagaimana adanya”, ajib kan ya :D. Setiap scene –sekecil apa pun- memiliki maksud tersendiri, adegan semacam seorang anak lelaki yang mentraktir ayahnya minum kopi di kedai Filosofi Kopi misalnya, menjadi sangat penting karena berdampak pada konflik pribadi Jody dan Ben. 

Oh iya, baru kali ini saya menonton premier begini, banyak arteeeeees *yaiyalah yaaa :P*. Saya yang sudah kucel bin capek karena beraktifitas dari pagi (acaranya mulai jam 7 malam) benar-benar merasa seperti sebutir debu dalam remah peyek yang terinjak sepatu kotor lho hahahaha. Saya sih berharap bisa foto bareng sama Ibu Suri ya, tapi sepertinya beliau ngumpet mulu deh hihihi. Tapi bisa foto bareng Ibu Jajang, ramah ternyata orangnya yaa, suka deh 🙂

Ya sudah begitu dulu temans, nonton Filosofi Kopi gih, bagus kok filmnya ;).

21 thoughts on “Filosofi Kopi The Movie

  1. saya selama ini (krn punya anak balita) hanya nonton trailernya aja di yutub semua film2 adaptasi novelnya Dee kecuali perahu kertas saya nonton dr DVD (bajakan) hehehe. dan saya akui filosofi kopi keliatannya emg plg kuat karakternya. dr trailernya keliatan kok film itu plg bagus. saya punya bukunya. dan keliatannya filmnya emg perkembangan crita dr cerpennya yaa, kereeen. dibanding supernova kemarin liat trailernya malah kyk nonton sinetron hehehe

    Like

  2. Kedainya dirintis oleh Jodi (dan Ben) kan, Teh, bukan ayahnya? Sebagai usaha Jodi untuk ‘balas dendam’ ayahnya seperti yang dikatakannya kepada El di Ijen saat Ben dan Pak Seno pergi ke kebun kopi.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s