Onegaishimasu

Itu si judul maksudnya sih saya mau minta tolong, kalau teman-teman berkenan itu juga, tapi sebisa mungkin haruslah ya #lho? hihihihi

Jadi begini temans, saya sedang mengikuti audisi menulis yang diadakan penerbit Gradien Mediatama. “Gradien Writer Audisi” begitu judulnya, konon jumlah peserta awalnya sebanyak 729 orang. Audisi dimulai tanggal 4 September lalu, Gradien mengirimkan tugas ke email masing-masing peserta setiap hari selasa, yang harus dikumpulkan paling lambat pukul 12 siang di hari Minggu-nya. Menurut kicauan mimin @gradien peserta yang masih bertahan di minggu ke-9 adalah 83 orang.

Seru pastinya ya, karena walaupun jenis tugas yang diberikan sedikit banyak  sudah pernah saya lakukan waktu belajar menulis bersama Maggie beberapa waktu lalu, tetap saja tema yang berbeda harus tetap dituliskan dengan cara yang berbeda. Alhamdulillah, jadi saya banyak berlatih, hingga minggu ini saya masih dikirimi tugas oleh tim GWA. Tugasnya beragam, mulai dari membedakan narasi dan deskripsi, menceritakan sebuah keadaan tanpa menyebutkan kata yang mewakili kata tersebut, menggambarkan seting, hingga membuat cerita dengan 90% dialog.

Tugas pertama ‘hanya’ harus membuat 2 cerita sebanyak minimal 350 kata, tugas berikutnya meningkat menjadi 450-600 kata, meningkat lagi hingga minimal 1000 kata, lantas meningkat lagi menjadi 3000 kata, dan setiap minggu biasanya ada 2 cerita yang harus ditulis dengan tema berbeda *mabok* :P.

Saya ingat di tugas ke-6, membuat cerita dengan 90%-nya dialog. Saya jumawa bisa mengerjakannya dengan mudah, karena -menurut Maggie- ‘kekuatan’ saya bercerita memang di sana, mungkin karena saya punya alter ego dan sering sekali berdialog dengan diri sendiri ya *halah, abaikan*.

Maka seperti biasa saya mengerjakan si tugas saat wiken tiba, kedua cerita yang saya buat mungkin bisa dikatakan 95%-nya dialog. Disubmit sebelum deadline dengan merasa sangat pede sang tugas sudah saya kerjakan dengan benar.

Tapi, minggu berikutnya atawa tugas ke-7, ternyata tugas remedial sodara-sodara. Penyelenggara mengatakan banyak yang salah mengerti tugas sebelumnya dan -tadinya- hampir mengeliminasi banyak peserta, tapi kemudian mereka berbaik hati mengizinkan semua peserta mengerjakan ulang dan mengirimkan si tugas ke-6 kembali sesuai tenggat waktu. Duh, deg-degan lah saya, jangan-jangan saya termasuk mereka yang hampir tereliminasi itu.

Ya sudah, saya tulis ulang untuk kemudian saya kirimkan dengan harap-harap cemas. Hal itu membuat saya belajar untuk tidak berlaku sombong bin takabur, sudahlah, namanya juga sedang belajar tidak sudah sok pintar begitu *ngomel ke diri sendiri*. Perjalanan saya masih panjang, karena tim Gradien hanya akan mengambil 5 (maksimal 10) orang peserta audisi ini, untuk kemudian diberi pelatihan khusus jarak jauh untuk menjadi seorang novelis.

Berharap menjadi si 5 orang yang beruntung itu bagi saya seperti sang pungguk yang merindukan bulan, etapi saya kan memang rindunya sama (akang) matahari ya #eeaaa. Intinya, audisi ini adalah petualangan  dan proses pembelajaran saya, menjadi tolak ukur bagi saya sendiri apakah ‘sanggup’ menjadi seorang penulis. Entah nantinya saya akan berhenti di tugas ke-berapa, audisi ini telah menjadi ‘kendaraan’ bagi saya untuk kelak bisa menerbitkan novel.

Lantas, hubungannya sama si onegaishimasu tadi apa?

Tugas minggu ini salah satunya adalah membuat sinopsis novel yang akan saya tulis dalam  600 kata. Ada beberapa ide -di kepala- bahkan cerita yang sudah setengah jalan yang ingin saya tuliskan menjadi novel kelak (selain Bundo Rahmi-nya eMak itu hehehe). Tapi saya sedang bersemangat menulis cerita Ghani-Delia-Seruni-Damar itu, masih ingat kan? masih ingat kan? *ngarep*(sila cek page “Belum Ada Judul” untuk membaca), sehingga saya berniat membuat sinopsis dari cerita ini saja. Yang ingin saya tonjolkan dari kisah mereka adalah tentang pencarian jati diri, menemukan karakter, pendewasaan jiwa, semacam itulah ya.

Jika temans pernah membaca novel Perahu Kertas-nya Dewi Lestari, saya ingin perubahan karakter dari ke-empat orang tadi seperti yang dialami Kugy-Keenan dan tokoh lain di novel itu. Tapi karena novel itu bergenre romance, maka saya membayangkan teman-teman akan ikut tertawa-menangis-kecewa seperti saat membaca novelnya Autumn in Paris-nya Ilana Tan itu. Duh, ngayalnya keterlaluan nih saya qiqiqiqiqi.

Nah, seperti biasanya dan selalu, saya kesulitan mencari judul yang pas. So, adakah temans yang bisa memberi masukan kira-kira cerita Ghani-Delia-Seruni-Damar yang sedang saya tulis ini sebaiknya berjudul apa? *kedipkedipmanja* 😉

どうぞよろしくお願いします… m(^-^)m

Advertisements

26 thoughts on “Onegaishimasu

  1. semangat.. semangat.. semangat Oriinn..!

    tentang judul, entar emak pikir heula..
    ___
    Aamiin…mudah2an tetap semangat ya Mak.
    makacih eMaaak *peleuk erat*

    Like

  2. Jyaaaahh…jgn kata ngasih saran ke teh orin, wong utk judul postingan di blog sendiri aja aku suka bingung mwahahahaa 😀
    Semangat teh 🙂
    ___
    Iya Dang, kenapa susah bgt ya ngasih judul *binun*

    Like

  3. semoga sukses ya Orin, mudah2an besa jadi next Ilana Tan ya 🙂 aku suka buku2nya sampai koleksi , siapa tau aja bisa punya koleksi novelnya Orin
    ___
    Udah baca yg “Sunshine becomes you” jg Teh? novel terbarunya tuh, sedih jugaaaa…

    Like

  4. Tak serahkan pada yg ahli saja lah Teh, secara aku pandainya cuma membaca judul orang yg indah2 dan penuh makna..Selamat berjuang ya Teh..:)
    ___
    Iya Tante, suka takjub kalo baca judul keren, giliran nyari susah bener hihihih

    Like

  5. kalau aku judul biasanya paling terakhir hehehe 😀
    ___
    iya sih nechan, aku jg biasanya gitu, mudah2an aja skrg jg pas selesai nulis ada ide judul yg bagus ya hehehehe

    Like

  6. saya salut dengan semangat menulisnya
    moga lancar dan sukses
    kalau judul menurut saya pasti teh Orin yg paling tau
    karena teh Orin yg menulis
    Cukup baca dengan seksama lalu jiwai dan entar muncul judul dalam hati 🙂
    ___
    Lebih salut lg sm kang Achoey yg udah banyak karyanya^^

    Like

  7. Aku udah tersingkir jauh2 hari…
    Semangat ya, Rin. Semoga bisa kepilih.
    Gimana kalau nama salah satu tokoh yang paling menonjol aja. Hehe…
    ___
    Aamiin…semoga ya Kak, walopun ga pede abisss heuheu.
    syiiip, tengkyu masukannya Ka 😉

    Like

  8. Mungkin bakalan terdengar lebay Rin *which is my middle name* :
    – crossroad
    – Melintas Takdir
    – Fate (ato bahasa Indonesianya: Takdir)
    – Menjelang Cinta
    – Life, Happens.
    – Ghani, Delia, Seruni, Damar *kenapa nggak? Hehehe*
    – Interconnected
    – Permainan Takdir
    *maap kalo aneh-aneh*
    ___
    Whuooooo….lebay indeed your middle name, Dan qiqiqiqiqi
    tengkyu einwey ya, aku suka si ‘Interconnected’ itu, walopun malah jadi terpikirkan ide serita yg lain hahahaha

    Like

  9. sy kasih semangat dulu yaaa.. ikutan bingung kl ttg judul.. tau sendiri kan Rin sy cuma penikmat fiksi tp kl di suruh bikin nyeraaahh walopun br sebatas judul 😀
    ___
    hihihi…iya nih mba, nulis banyak2 oke, ngasih judul lgsg menciut 😛

    Like

  10. haha.. saya kira teh orin lebih dari sekedar pandai kalo hanya untuk memberi judul 😀 aku terima jadinya aja deh… biar bacanya utuh gitu
    ___
    Judul skripsiku aja mesti direvisi Ri, saking ngga bisa-nya aku ngaish judul *nyengir*

    Like

  11. Alhadulillah sebuah pencapaian yang indah dari sebuah kerja keras, dan semangat ini membuat saya terperangah, ternyata saya telah jauh ketinggalan dari hal-hal yang demikian. Jadi ini adalah sebuah suntikan inspiratif buat saya pribadi untuk nulis yang akhir-akhir ini agak kendor.
    Saran judul ? Gimana kalo Damar Angin, selain mewakili nama aktornya, kata ini memberikan gambaran bagaimana lampu yang tahan terhadap badai mampu memberikan petunjuk pada penggunanya. Entahlah, saya support do’a untuk kesuksessannya
    ___
    Wow, kebetulan saya masih belum menemukan nama lengkap untuk Damar, Damar Angin sepertinya pas sekali pak Ies, karena dia ceritanya seorang pendaki gunung^^. Terima kasih banyak ya Pak 😉

    Like

  12. judul itu hrs menarik para pembacanya.. aku gak terlalu mahir menentukan judul, liat jadinya aja deh..
    hehe…
    😀
    semangat ya!
    ___
    Itulah knp mencari judul yg pas sangat susah ya 🙂
    Tengkyu supportnya^^

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s