Berlibur di Negeri Sendiri

Seorang sahabat pergi berlibur ke Singapore saat akhir pekan kemarin, dan menurutnya, banyak sekali orang Indonesia yang ditemuinya di sana. Belanja belanji di Orchard Road, bernarsis ria di depan Patung Merlion, berjejalan di Universal Studio, hingga mengantri di Marina bay Sky Park.

Saya belum pernah ke sana, dan berharap suatu saat bisa melihat sendiri ‘kehebohan’nya. Tapi kemudian saya teringat keindahan matahari terbit di puncak Bromo, ademnya telaga warna di Dieng, menawannya sunset di pantai Ujung Genteng, atau serunya belanja di pasar kaget Gasibu. Lantas kenapa semua objek wisata yang -menurut saya- menawan itu terkalahkan pamornya sekedar dengan patung singa menyemburkan air mancur ya?

Rasanya tidak perlu menyalahkan pihak ini atau departemen itu atau kementerian anu kenapa hal semacam demikian bisa terjadi. Saya lebih suka bertanya pada diri saya sendiri, dengan pertanyaan sederhana seperti “kenapa saya lebih tertarik berlibur ke luar negeri ya?”

Saya baru menginjakkan kaki di negara Gajah Putih, itupun hanya di Bangkok saja. Tapi JJ market atau pasar Catuchak itu sangat bersih dan teratur dibandingkan pasar Gasibu. Walaupun memang tidak berair jernih, sungai Chao Phraya tetap mudah ditempuh dengan BTS yang murah meriah dan bebas macet, jauh lebih mudah dibandingkan perjalanan saya ke Pulau Umang yang hanya ada di Banten tapi memerlukan waktu kurang lebih 7 jam (padahal sudah lewat jalan tol) dengan kondisi jalan yang kurang bagus. Mungkin daftar perbandingannya akan menjadi semakin panjang jika harus dibanding-bandingkan sedemikian rupa.

Fakta tersebut membuat saya sedikit berkhayal.

Seandainya banyak di antara kita yang ingin berlibur ke tempat-tempat wisata yang -katakanlah- berkategori ‘kurang terkenal’ semacam Pulau Umang atau Pantai Ujung Genteng, mungkin pemda -atau siapapun yang berwenang- akan malu dan kemudian mulai berpikir untuk memperbaiki sarana transportasi dari dan menuju tempat tersebut.

Homestay, hotel sederhana, atau bahkan restoran kecil dengan kuliner khas setempat akan banyak didirikan di lokasi wisata itu, yang tidak hanya memudahkan para wisatawan, tetapi sekaligus menjadi lahan rezeki lain para penduduk setempat untuk tidak melulu bermigrasi ke kota-kota besar.

Seandainya saja setiap orang yang telah berkesempatan datang ke tempat-tempat indah ini, mau menceritakan kembali betapa negeri Indonesia pun memiliki pesona yang tak kalah jelita, mungkin para sosialita yang menghabiskan es krim potong di negara Singa itu justru akan beralih tertarik pada manisan carica khas Dieng yang maknyus itu.

Semoga saja, khayalan saya itu suatu saat nanti -entah kapan- akan betul-betul mewujud. Semoga saja, upaya saya menuliskan tulisan ini di sini, bisa dianggap sebagai salah satu ‘jalan’ menuju impian itu. Dan semoga saja, pariwisata Indonesia kelak akan menjadi primadona bagi para warganya sendiri. Semoga ya 🙂

Curug Cimahi – Bandung

Berdingin-dingin di Bromo

Hutan buatan di Dago Pakar – Bandung

Sunset di pantai Ujung Genteng – Sukabumi

Belanja belanji di pasar Gasibu-Bandung

Birunya laut di Pulau Umang – Banten

Hutan Situ Cibeureum – Garut

Telaga Warna – Dieng

Masih terlalu sedikit tempat-tempat indah yang sempat saya datangi. Yuk temans, kita berlibur di negeri sendiri 😉

 

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Indonesia Bangkit di BlogCamp.

Advertisements

36 thoughts on “Berlibur di Negeri Sendiri

  1. wuihhhh, curug Cimahi masuk daftar tempat wisata yang indah ya .. jadi tersanjung .. *halah .. 😀

    sukses dengan kontesnya ya …

    Orin : Harusnya Sukawana jg masuk Bu, cuma ga ada di laptop kantor yg ini hihihihi

    Like

  2. Sepakat Kak Orin, Indonesia tak kalah hebatnya dengan negeri lainnya, mungkin (perkiraanku aja ini lo) biasanya hal2 baru yang kita temui akan tampak indah, padahal di Indonesia ini masih banyak yang lebih indah dari yang lainnya,,

    Sukses ngontesnya Kak 🙂 semoga menang

    Orin : Iya Sof, Indonesia tuh indah bgt deh pokonya mah…

    Like

  3. iya Rin… apalagi lihat foto Orin yang cantik2 dan serunya Orin bercerita ….,jadi pengen ke semua tempat itu…, belum pernah semua lho…
    ke pulau seribu baru sekali duluuuu banget,ke pulau Putri aja..

    Orin : Buuun, yuk kita datengin kep seribu atu2 hihihihi. Orin baru ke pulau Ayer ajah..

    Like

  4. Saya malah belum pernah sekalipun berlibur ke luar negeri. Bagi saya, tempat-tempat indah di Indonesia saja sedemikian banyaknya dan mungkin sampai matipun belum akan bisa terkunjungi semua.

    Orin : Ke bangkok bukan berlibur kok mas Alam, tugas kantor he he. Dan ya, msh banyaaaaaaaak bgt yg indah2 di negeri kita ini ya 🙂

    Like

  5. sangat setuju dengan Neng Orin,
    saya masih pengen ke Lombok dan melihat eksotiknya Raja Ampat, kapan kesampaiannya yaa.

    Orin : Lombok? Raja Ampat? aku jg mau Maaaakkkk. Semoga bisa ke sana ya Mak, Aamiin

    Like

  6. kereenn..
    mari kita kunjungi Indonesia.
    eMak juga, Sumbar belom selesai dijelajahi..

    sukses kontesnya ya Rin..!!

    Orin : Iya Mak, di Bandung aja msh banyak yg blom disambangi nih 😦

    Like

    • setuju rin…kalau ngomongin keindahan alam di indoensia gak kalah dech, tiap pulau atau profensi punya tempat atau budaya unik…wonderful bunaken, beautiful bali …(kebetulan sempat ke sana karena acara kantor)…btw, semoga menang kontesnya…

      Orin : Huwaaa…pengen bgt ke Bunaken Rin, kmrn snorkeling di Pulau Umang aj takjub kuadrat, gimana diving di Bunaken ya *lgsg berkyahal*

      Like

  7. Saya telah membaca dengan seksama artikel diatas.
    Akan segera saya daftar
    Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Salam hangat dari Surabaya

    Orin : Alhamdulillah…senang bisa berpartisipasi di acaranya Pakdhe 🙂 Matur nuwun Dhe

    Like

  8. mbak elsa juga posting tentang bromo ya, aku pingin kesana dulu keburu hail, skr mah repot anak2 masih kecil

    Orin : Besok2 ke sana aja Teh, kalo Pascal en Alvin dah gedean dikit he he

    Like

  9. orin…terkadang saya gemes bangetttttt dengan pemerintah daerah maupun pusat. potensi alam yang kaya dan indah tidak dapat dimanfaatkan karena lemahnya infrastruktur…..(ayooo pemerintah ngapain aja sih?). Padahal udh jelas2 kalau mau mengembangkan ekonomi suatu daerah tuh yang kudu dikerjain pertamanya adalah urus infrastruktur baik jalan maupun telekomunikasi….*gemes banget tapi belum berdaya*

    Orin : Iya mas, tulisan ini pun salah satu bentuk ke-gemes-an aku akan pemerintah kita >_<

    Like

  10. yang bikin wisata negara kita kalah itu emang karena maintenancenya… kebersihannya… jadi bikin kurang nyaman.

    Orin : Iya mas, pdhl kita ‘kaya’ bgt ya 😦

    Like

  11. Wezz..foto2na keren!
    Mb Orin, kalo ngomongin pariwisata Indonesia dng infrastrukturnya, ibarat nebak ayam atau telur duluan. Orang berduyun2 datang ke Singapura bukan krn alamnya yg cantik. Negara singa itu fake semua. Tp keraturan dan saranya yg aduhai, ketahuan dlm menjawab selera pasar, meninggalkan Indonesia yg cantik ini dalam ketermenungan. Menurut saya mah, indonesia harus investasi dulu
    baik infrastruktur maupun sdmnya. Hanya dng cara itu pariwisata kita maju

    Orin : Iya ya Uni, gemes sendiri jadinya, padahal indah bgt alam kita.. 😦

    Like

  12. Dan kitalah yang memulai, yah, Teh?
    Dengan adanya jurnal2 seperti ini sudah membantu mengenalkan pariwisata yang ada kepada khalayak…

    Orin : Semoga bisa dianggap demikian mba he he

    Like

  13. Amiiiin… semoga suatu saat Indonesia bisa lebih profesional dalam menata bidang kepariwisataannya 🙂 *sayang banget kalau potensi yg sedemikian besar di negeri ini disia2kan ya ^^

    Orin : Aamiin, semoga ‘suatu saat’ itu segera ya Siti 🙂

    Like

  14. Sebenarnya negeri kita sendiri punya banyak tempat wisata yang keren-keren lho. Kayak tempat hiburan di Singapoh gitu, kita juga punya kan : Zoo, bird park, Botanic garden. Hanya aja, kita kurang pandai mengemasnya jadi menarik kayak dia.

    Like

  15. teh ke Dieng gak ngajak2 kan deketan tuh sama Purwokerto hihi..
    saya juga gak bermimpi muluk2 ke luar negeri dulu kecuali Mekkah.
    saya pengen keliling Indonesia hehe.. pengen ke Bromo dan Lombok 😀

    Like

  16. wahhh foto2nya keren euuyy…..sayang nech sejak punya anak aku belum pernah berwisata lagi hikss…..padahal udah kangen banget sama pemandangan gunung dan air kali yang bersihhhh….

    sukses utk kontesnya yachh…..smoga menang

    Like

  17. Keinginan untuk ke luar negeri itu pasti ada ya rin, tapi sampai sekarang saya belum bermimpi untuk ke luar negeri, saya masih bermimpi suatu ketika kopdar ke Jakarta aja rin….

    ngomongin tentang wisata di negeri Indonesia, sebetulnya masih banyak, bahkan saya sendiri belum semuanya berkunjung obyek wisata di pulau dewata heeeee (katrok yach)

    Like

  18. Aku sering ngakak setiap kali mendengar kisah salah seorang rekan kerjaku yang hobi liburan ke luar negri. Ia sering membiarkan perutnya kelaparan, atau hanya makan buah2an, karena sulit menemukan makanan halal. Entah itu yang namanya liburan, atau menyiksa diri…?
    Gudlak ngontesnya ya 🙂

    Like

  19. Orin sayang, yang ada dalam angan bunda sekarang ini adalah pengen banget wisata ke tempat lahir bunda yaitu Cirebon, hehehehe…..disana (katanya) banyak pemandangan-pemandangan alam yang indah — Jarak gak seberapa jauh dari Pamulang, tapi kalo sendirian kan gak lucu… ..Do’ain ya agar angan bunda menjadi kenyataan. Aamiin.

    Like

  20. iya emang pengen banget liburan keliling indonesia 😀

    ntar yang keluar negerinya mah biar dibayarin gratis ama Oriflame aja hihihi eh tapi lumayan setaun skali insya Alloh diajakin ke bali jadi dikit2 eksplor bali setaun sekali 😀

    Like

  21. Pingback: Kopdar Perdana | Blogger Bekasi | PopNote

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s