Lomba MAPEN 2011 : Makan Siang Ceria

Setting : Ruang makan sederhana. Hanya terdiri dari meja segi empat dan 4 kursi yang sudah tua.  Terhidang di meja sebakul nasi, tempe dan tahu goreng, satu kaleng kerupuk.

Disana duduk dalam diam Emak, seorang wanita berusia hampir 80 tahun menatap dingin hidangan di depannya. Masuklah Asep, seorang anak kelas 4 SD. Kulitnya hitam terbakar matahari. Seragam, sepatu, dan tas sekolahnya lusuh. Tetapi binar matanya ceria, penuh semangat. Menyapa Emak, nenek tercinta yang dimilikinya.

Asep : “Assalamu’alaikuuuum.. “. Asep mencium tangan Emak takzim, lantas duduk di kursi di dekat Emak.

Emak : “Wa’alaikumussalam. Kumaha di sakola Sep? ada PR apa hari ini?” Emak menyendokkan nasi di piring yang sudah tersedia di meja untuk Asep.

Asep : “Tadi di sekolah Asep belajar makanan 4 sehat 5 sempurna Mak. Jadi makan teh harus ada kabrohidratnya, protein, vitamin, mineral, dan lain-lain. Jadi selain makan nasi, harus makan daging, telur, sayuran, buah-buahan, dan terakhir, harus minum susu juga, baru deh sempurna.” Asep menjelaskan dengan semangat.

Emak  menyodorkan piring berisi nasi itu pada Asep, dan mengisi piringnya sendiri dengan nasi yang tersisa. Matanya berembun karena tahu menu makan siang hari itu jauh dari 4 sehat 5 sempurna yang baru saja Asep jelaskan. Dirinya hanyalah seorang penjual kayu bakar di pasar. Daging? Susu? Bahkan telur pun jarang bisa terbeli olehnya.

Asep mengambil piring nasi dari Emak. Mengambil sepotong tempe dan berseru riang pada Emak.

Asep : “Nah, tempe ini termasuk protein Mak”. Lantas Asep makan nasi dan tempe itu dengan lahap. Sementara Emak menatapnya dengan sedih, berharap dalam hati bisa menyediakan makanan yang lebih baik untuk cucu satu-satunya itu, terlebih Asep tak lagi memiliki orang tua yang akan melindunginya. Ah…kenapa hidup tak selalu berlaku adil pada mereka berdua?

Saat itulah terdengar ketukan pintu dari luar.

“Punteeen…”

Asep dan Emak serempak menjawab : “Manggaaaaa…”

Teh Atun masuk, seorang wanita berusia 20 tahunan, bekerja di rumah pak Haji Sholeh, tetangga mereka yang kaya raya, membawa kantong kresek hitam yang cukup berat.

Teh Atun : “Mak, Asep, ini ada oleh-oleh dari anaknya Pak Haji Sholeh yang baru dateng dari Jakarta. Sok dimakan ya.” Teh Atun meletakkan kantong kresek itu di atas meja.

Ada ayam panggang 1 ekor, Susu dalam kotak yang baru kali ini Asep lihat, buah Apel besar-besar berwarna merah, juga Kue bulat-bulat yang bolong ditengahnya. Namanya donat kata Teh Atun.

Emak terharu. Asep bergembira. Teh Atun tersenyum melihat mereka berdua. Makan siang hari itu lebih ceria.

***

“Naskah MAPEN ini saya ikutkan dalam LOMBA MAPEN 2011 yang diselenggarakan oleh Charlyc Design, blognya Sumarno Wec.”

28 thoughts on “Lomba MAPEN 2011 : Makan Siang Ceria

  1. hadoh lomba lagi ya Mbak… waktune dah mepet.. iso melu ora aku yo.. coba deh nanti malam saya semedi

    semoga sukses mbak Orin

    Orin : Masih ada bbrp jam lg mas, ayo kebuuuut 😉

    Like

  2. semoga sukses, saya pernah baca juga.. tapi kalo urusan yang satu ini saya nggak jagoo.. hahahaa.. *gak bisa bikin cerpen yang imajinatif

    Orin : Lah…saya emang jago? kan ngga jg 😛 hihihii… tengkyu mas Phe 😉

    Like

  3. saya jadi teringat masa kecilku yang cuma makan bubur, bahkan kadang makan singkong rebus….

    sukses buat lombanya ya….

    Orin : Kenangan itu terlihat indah sekarang ya mas 🙂
    Terima kasiiih..

    Like

  4. Musim lomba ni skr..harus extra menguras pikiran nih bgi yg mengikuti, tpi bgi yg tdk berpartisipasi siap mendukung hehe

    Orin : heuheu…tengkyu dukungannya yaa 😉

    Like

  5. Moga sukses di Mapen, ya mabk Orin. Aduh, banyak PR kontes ya bulan mei ini.
    Semakin sering ikut semakin banyak teman baru. Jadi harus dibela-belain lemburan tuk posting. hehe.

    Orin : Iya nih mba Sus, msh ada 2 lg yg pengen diikutin *gubrak* hihihihi

    Like

  6. itu pasti oleh2 dari orin klo lagi pulang kampung ke rumah emaknya … ya kan orin 😛
    *punten*

    Orin : waaah….di kampung saya udh banyak Om, ga usah repot bawa dr jakarta hihhihi..

    Like

  7. waduh, abis dr rumahnya Bibi Titi teliti baca kontes, eh disini kontes juga 😀 😀
    lagi banyak kontes dimana2 ya Rin :

    semoga sukses ya Rin di kontes ini 🙂
    salam

    Orin : Iyaaa, banyak kontes di bulan ini Bun he he.

    Aamiin, makacih doanya Bun *peluuuk*

    Like

  8. Mbak…Hani datang bawah Capcay seafood goreng ama nasi putih……, ngontes lagi….seep dah 😉

    Btw…ayo makan siang areng 😉

    Orin : whuaa…enaknya capcay seafood *ngiler dot com*

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s