Upacara Bendera

It’s busy Monday, as always.

Seperti Senin-senin biasanya, jalanan macet! Yaa… dinikmati saja lah ya, 1 jam perjalanan dari rumah ke kantor. Bersauna dijalanan, tapi juga Alhamdulillah bisa ‘menonton’ sebuah upacara bendera!!

Teringat zaman SD dulu, sering sekali bertugas menjadi pengibar bendera, pembaca undang-undang, bahkan komandan upacara (zaman itu keren banget rasanya jadi komandan upacara ho ho ho). Beranjak SMP, tugas saya masih menjadi pengibar bendera, dan sok-sok-an jadi paduan suara. Semasa SMU, saya hanya menjadi peserta upacara yang manis, karena semua petugas upacara biasanya langsung ditugaskan pada mereka-mereka yang memilih ekskul paskibra. Dan kuliah? rasanya prosesi itu sudah tidak pernah lagi kami lakukan 🙂

Dan pagi tadi, melihat secara langsung anak-anak SMU itu berupacara bendera di senin pagi, dengan formasi yang kurang lebih sama, dengan susunan acara yang kurang lebih sama, dengan atribut yang kurang lebih sama, telah mampu membuat saya bernostalgia ke masa-masa itu. Ya, walaupun upacara bendera bukanlah tanda apalagi satu-satunya indikator kita cinta tanah air, memiliki rasa nasionalisme dan sebagainya dan seterusnya. tetapi mengharukan saat melihat para peserta upacara itu mengangkat tangan memberi hormat pada sang merah putih yang sedikit demi sedikit naik mengibar.

Merdeka!!!

(halah… :P)

** Photo note : Di depan J.W. Marriot hotel di suatu siang yang terik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s