試す人になれ

Pagi ini, seusai meeting rutin mingguan, kami menonton sebuah video peringatan 50 tahun Honda R&D berdiri. Sebuah kisah kenapa kantor R&D didirikan, beragam komentar dari para engineer mengenai pekerjaan mereka selama ini, kesan dan keinginan masyarakat luas terhadap Honda, dan sebagainya dan seterusnya.

Tapi yang begitu ‘nyantol’ dalam ingatan saya selama video berdurasi kurang lebih 15 menit itu, adalah kalimat berikut :

“試す人になれ” => be someone who tries

Itu adalah motto sekolah SD di Hamamatsu, tempat kelahiran sang founder Bapak Soichiro Honda. Kalimat itulah yang dulu sering beliau katakan pada teman, kolega, anak buah, dan akhirnya dijadikan motto anak-anak yang bersekolah disana.

Dalam sebuah pidatonya, beliau mengatakan bahwa (kurleb) tidak mengapa jika kita gagal 99 kali karena mencoba sesuatu, selama kegagalan itu disebabkan oleh alasan yang berbeda, karena pengalaman gagal-lah yang mengajari kita banyak hal. Tetapi jangan pernah gagal 2 kali karena penyebab yang sama, karena berarti tidak ada satu pun yang berhasil kita pelajari dari kegagalan pertama.

Wow… The line’s wow me 😀

Jadi, begitulah.. Saya kembali teringat sebuah nasehat bahwa tugas kita memang hanyalah untuk mencoba, karena keberhasilan adalah pemberian Beliau Sang Pemilik Segala semata. Yang ternyata sudah bisa dipahami dan diaplikasikan dengan baik oleh seorang Soichiro Honda.

Ya, mungkin saya sudah lama melupakan nasehat sederhana itu, dan seringkali malas bahkan untuk sekedar mencoba. Bismillah… saya ingin menjadi satu dari sekian ‘someone who tries’ itu. 😀

One thought on “試す人になれ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s