Tumpeng Ngetril 61 Super Minimalis

Seharusnya, judul postingan ini adalah [bukan] Tumpeng Ngetril 61. Bukan hanya karena saya ditemani suami saya yang tertawa-tawa menonton si Tukul, tapi juga karena sebetulnya ini bukan tumpeng sama sekali. Gambar di bawah ini hanyalah menu buka puasa yang berhasil saya buat tadi, memasak ngebut saat suami Taraweh di mesjid, karena walaupun sudah pulang tenggo, jalanan macet telah dengan sukses membuat saya tiba di rumah setengah 7. Hiks.

Itulah, martabak tahu, pecel sayuran dan ayam kecap untuk makan malam. Jadi sekarang sudah terbukti ya, saya lumayan bisa masak walaupun menunya minimalis begitu he he.

Kembali ke kontesnya Pakdhe yang selalu fenomenal itu, saya berencana akan membuatnya hari Sabtu, betul-betul mencoba membuat tumpeng yang sebenarnya sesuai aturan yang berlaku *halah*, tapi rencana itu khawatir tidak terlaksana karena besok saya sudah memiliki beberapa janji. So, daripada tidak ikut berpartisipasi di perhelatan beliau kali ini, saya pun nekat ikutan walaupun seadanya.

Nasi sudah terlanjur dimasak, tidak memakai santan, daun salam, serai atau bumbu lainnya yang diresepkan untuk sebuah tumpeng, nasi campuran beras merah dan beras putih biasa saja. Saya lihat rak piring, tak ada satu pun benda berbentuk kerucut di sana. Memutar otak mencoba berimprovisasi, akhirnya menyerah mencetak si nasi biasa dengan chawan pemberian bos Jepang saat menikah dulu.


Jadilah penampakan si nasi merah dengan hiasan seadanya sebagai berikut,

Krik…krik…krik…meni garing duraring pisan nya :P

Isi piring sudah berkurang, dilahap suami yang pulang taraweh :D

Setelah dikaji ulang, sayang sepertinya jika lauk yang lain tidak juga ikut mejeng satu piring dengan si [bukan] tumpeng itu. Maka saya pun memodifikasi [bukan] tumpeng dengan memindahkannya ke piring besar. Penampakan akhir setelah ditambah semua lauk? Teteuuup, minimalis bin teu pararuguh hihihihi.

Cara pembuatan? Duh, secara sebetulnya ini bukan tumpeng, cara membuatnya adalah sangat BIASA.

Nasi merah

1 cup beras putih, ditambah segenggam beras merah

Setelah dicuci bersih, beri air secukupnya, masukkan ke ricecooker dan tekan ‘cook’, and voila, jadilah nasi!*hadeuuuh….t.e.r.l.a.l.u lah ya kalau tidak tahu he he*

Pecel sayuran

Kangkung, tauge, wortel, labu kecil, jagung manis

Bumbu pecel (saya pakai yang sudah jadi :D)

Siangi dan potong-potong sayuran sesuai selera, cuci bersih. Rebus sebentar di air mendidih yang ditaburi sedikit garam. Angkat, tiriskan. Bumbu pecel dilarutkan dalam air panas, tapi saya lebih suka memasaknya kembali sebentar, lebih afdol :)

Martabak tahu

Tahu, daun bawang, garam, kulit pangsit, telur 1 butir

Haluskan tahu, campurkan dengan telur kocok dan irisan daun bawang, beri garam secukupnya (tambah penyedap jika suka). Siapkan kulit pangsit, ambil satu sendok makan adonan tahu ke dalam kulit pangsit, lipat, goreng dalam minyak yang sudah panas. Gunakan api sedang agar tahu matang merata.

Ayam kecap

Ayam, bawang bombay, cabe hijau besar, mentega, saus tiram, kecap

Potong ayam kecil-kecil, cuci bersih. Iris setengah butir bawang bombay, potong besar 5 buah cabe hijau. Panaskan mentega dengan sedikit tambah minyak goreng, masukkan irisan bawang bombay. Setelah bawang bombay harum masukkan ayam, beri air secukupnya, tutup hingga beberapa lama.  Masukkan potongan cabe hijau, kecap manis, saus tiram dan sedikit garam, tunggu hingga bumbu meresap dan ayam matang. Angkat dan siap disajikan.

So, this is it, [bukan] tumpeng ngetril 61 super minimalis a la chef Orin *Farah Quinn mode : ON*

Walaupun minimalis, insyaALLAH rasanya enak, terbukti suami nambah tuh he he. Semoga bisa dianggap sebagai hadiah untuk Pakdhe yang berulang tahun yaa… Happy milad Pakdheee ;)

43 thoughts on “Tumpeng Ngetril 61 Super Minimalis

  1. Saya telah memperhatikan tumpeng anda dengan cermat
    Akan langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    Orin : ALhamdulillah…senang sekali bisa ikut hajatan Pakde ^^

  2. itu cawan yang buat cetakan chawan mushi bukan ?*hehe..gimana sih tulisannya?*

    aah..kreatip kok.. tampilan masakan chef orin juga geulis.. warna-warni gitu deh..

    Orin : sepertinya mah begitu ya Teh, buat minum ocha jg bisa keknya. tapi orin mah paling dianggo ngocok telor, atawa jd cetakan agar2 hahahaha…

  3. imut nian tumpengnya :)
    biar imut yang penting suami doyan ya mbak :P

    Orin : sepiring itu aku yg makan mba hahaha… tapi alhamdulillah suamiku memang suka :D

  4. weits Orin,… pas [bukan] tumpengnya dipindah ke piring gede, sajiannya jadi kayak yg direstoran2 itu loh… hihihi… sambel kacangnya dihias2 pula… gourmet tumpeng… sip…
    minimalis dan menyehatkan Rin… beras merah,sayuran, tahu, ayam.. yummy… :-D
    pasti si Pakde tambah sehat klo makan ini… ^_^

    Orin : gourmet tumpeng? wuidiiih…jdi kek makanan londo dunk mba Tia hihihi… Iya mba, pgnnya sih makan makanan sehat gitu dwehhh, biar ga sakit, ke dokter mahallll *halah…curcol*

  5. akhirnya jadi juga tumpeng ngetrilnya teh orin
    walau minimalis tapi cantik lho teh..
    warna-warni soalnya
    sukses ya teh,
    nanti kalau menang mbok ya saya dikirimin tumpeng, hahaha

    Orin : iya ya Mel, warna warni gituh, ga sengaja pdhl hihihi…

  6. apapun itu nama dan bentuknya, kalau dilihatnya seperti sekarang siang-siang saat puasa bikin ngiler juga teh orin… :D
    sukses yach buat tumpeng ngtrilnya… :)

    Orin : hehehe… semoga jd inspirasi bwt buka nanti sore ya mba *haiya* :P

  7. beras merah kesukaan saya bun sama martabak tahu…
    bolehlah bungkus satu saja.. hehehe

    tumpeng segitu cukuplah buat porsi saya.. :D

    smoga sukses ngetrilnya

    Orin : Iya Mab aku jg suka beras merah. Porsi ini terlalu banyak buat saya,
    tapi krn suami udh makan, terpaksa dihabisin jg, beuuuh…kuenyang mpe ga perlu sahur lg he he

  8. minimalis bin teu pararuguh hihihihi …

    Hahaha … saya ngakak poll …

    Namun seriously …
    jika saya penyelenggara / sohibul hajat …
    saya akan merasa senang dengan postingan ini …
    mengapa ?
    Karena ini adalah sebuah wujud sederhana … keinginan untuk berpartisipasi yang tulus dari sorang Orin … dalam rangka memeriahkan acara Pak De kita bersama yang kita cintai itu …

    Semoga sukses ya Rin
    Salam saya

    Orin : hihihi….sampe ngakak poll toh Om? alhamdulillah atuh :)
    Mudah2an begitu ya Om, Pakdhe berkenan dg tumpeng minimalis inih, coz drpd ga keburu dan akhirnya ga jadi ikutan, ya sud Orin buat seadanya aja, begitu ceritanya Om ^^

    • Ngomong-ngomong …

      Eta Martabak Tahunya …
      Aaarrrggghhh sukses membuat saya ngiler …

      (nyaris ngeces)

      (liat jam … buka masih 5 jam lageehhh)

      salam saya Rin

      Orin : Martabak tahu sudah berhasil disantap kan Om? heuheuheu

      • Martabak Tahu Favorit saya Juara ke Limaaa !!!

        Apa saya bilang … !
        Mantap punya nih …

        Selamat ya Rin …

        salam saya

        Orin : ups *blushing* hehehe…takjub Om, msh tidak percaya saya, jurinya baik bgt :D
        Makasih ya Om ;)

  9. waaaaah bener-bener nih mbak Yin, selalu ajaaaaa eksis di dunia perkontesan.. hahahaha.. untuk yang satu ini dhe angkat tangan mbak Yin.. sebenarnya pengen banget kita bersaing lagi, tapi berhubung dhe lagi di kost jadi nggak bisa bereksperimen ria dengan makanan.. hix hix, sayang banget yaaa..

    Orin : hahaha….demi Pakdhe apapun akan kulakukan Dhe *tsaaah* hihihihi

  10. Ini bukan resep Chef wanna be ‘kan? He he he, sorry lho, just kidding. Tapi asli; asyik banget resepnya..IStri saya musti nyobain nih

    Orin : Cukup jd chef buat suami aja kyknya mas hehehe…

  11. Isi piring sudah berkurang, dilahap suami yang pulang taraweh …
    Orinn kok suami di jadikan alasan sihh? :P

    Orin : emang beneran dimakan suami om @bruuus, aku kan msh riweuh moto2in si [bukan] tumpeng ituh hihihihi

  12. wuaaaahh,
    Mba orin ikutan ngetril nih,
    Pengen ikutan jg sih,
    Tapi sayang one gak bisa masak..
    Heheheheh,
    Btw, kayaknya enak tuh

    Orin : Pdhl kalo ikutan bakalan yg paling ganteng sendiri lho One *halah* he he.
    Enak? pasti ateuh..kan dimasak dg cinta *tsaaahhh*

  13. Wah..presentasi nya gak kalah dengan master chef nih…itu tuh cara naruh kuahnya. Sukses ya mbak Orin :-)

    Orin : heuheuheu…pernah liat dimanaaa gitu Bun, yowis ta’ contek :D

  14. Gilaaaa.. baca postingan ini jam 12.58 WIB buat saya ngiler teh… kirim ke bogor nya?? hohoho… enak kayaknya tuhh

    Orin : hahahaha….berarti pahala puasa hari ini nambah Van ;)

  15. prasaan kmrin udah komen koq ngga muncul yachhh….

    hasil akhirnya keren lochhh…kayak sajian di rumah makan mewah ehhehe…..hasil karya chef orin keren euuyy….

    Orin : perasaan mba Nia aj kaliiii hihihi…
    Tengkyu mba, itu juga mewah warna wortelnya *haha…jayus pisan :P*

  16. Oriiiinn, martabak tahu dan ayam kecapnya sukses membuatku ngeces waaaa…..
    Ternyata aku pintar masak yah, penampilan nomer dua yang penting rasa amboiiii….. :D

    Sukses ya, Say…

    Orin : Selamat ngeces mba Chocoooo hihihihi

  17. Eh salah, mau ngetik “kau” kok jadinya “aku” wakakaka…. gara-gara memandang martabak jadi gak konsen. Kirimin aku dooongg :oops:

    Orin : huahaha…terhipnotis martabak tahu :P

  18. nah..terbukti Orin tak kalah dengan para chef itu… platingnya boleh juga tuh di foto yg sebelum cara pembuatan itu :)
    semoga sukses ya…

    Orin : hihihi…entah pernah liat dimanaa gitu Auntie, diikutin aja :D

  19. asyik ada yang masak nasi merah! Karena di Jepang kalau selamatan pakainya nasi merah bukan kuning/putih hehehe

    EM

    Orin : Di rumahku selalu ada beras merash mba EM, walopun ga tiap hari selalu di masak :) Oooh…ditunggu cerita selamatan nasi merah ala jepang-nya ya mba ;)

  20. Setelah liat beberapa tulisan/foto tumpeng di sini dan beberapa sahabat lain, yang disini yang menggoda banget dan jadi kepingin masak martabak tahu.
    Biasanya gak pake kulit pangsit, ntar mau coba sepertinya lebih kriuk ya.

    Orin : Iya bang, kriuk2 jadinya, walopun rasanya tawar ya he he..

  21. Pingback: Masakan Ala Mahasiswa with Chef Evan « Evan Ramdan's Weblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s