Sweet Seventeen (?)

May 25, 2011 § 29 Comments

Hallo Kaka Hilwa dan Dede Syafiq… Met ulang tahun yaa… Tante ‘dipaksa’ ngasih kado berupa cerita dan kartu ucapan nih sama Mama, tapi berhubung tante tidak bisa menggambar (dengan pensil di atas kertas maupun dengan program komputer), jadi tante cerita aja yaa. Kenapa Ka? Oh..dipaksa itu ya?  Tenang ajaa, Tante suka kok kalo dipaksa menulis begitu hihihihi…

Oh iya, udah kenal sama Tante Orin belum? Kalo belom, nanti tanya Mama aja, clue-nya adalaaaah, tante Orin itu…. *psst…ini ceritanya bisik2* :D

Baiklaahh…kita mulai ceritanya yaa..

Mmm…Bingung nih cerita apaan hihihi.. Sebetulnya Tante termasuk yang tidak terlalu ‘mengagungkan’ peristiwa ulang tahun. Sejak kecil biasanya orang tua Tante hanya membuat tumpeng atau kue bolu untuk dimakan bersama-sama saat ada yang ulang tahun, tidak ada prosesi memberikan kado atau semacamnya. Jadi sulit sekali mencari kisah unik dalam riwayat ulang tahun tante, tapi setelah tante ingat-ingat kembali, rasanya ada satu kisah yang mungkin cukup seru untuk diceritakan pada Kaka. Begini ceritanya Ka..

Itu adalah ulang tahun tante yang ke-17. Saat itu tante kelas 3 SMU. Oh iya, karena sekolah tante cukup jauh dari rumah, Bapak tante menyuruh tante kost, jadilah tante tinggal di sebuah asrama putri selama 3 tahun SMU itu

Tante ceritakan sedikit tentang asrama putri ini dulu ya. Namanya asrama putri GOW (Gabungan Organisasi Wanita), lokasinya di jalan Wahidin Cirebon sana. Hilwa sudah pernah ke Cirebon belum? Kalau belum nanti  ajak Mama pergi ke sana ya, jangan lupa makan nasi jamblang atau empal gentong, atau tahu petis ya he he.

Lanjut ke asrama, di sana ada 11 kamar, yang masih-masing kamar dihuni 8 orang siswa, terbayang tidak ramainya? hehehe… Satu kamar itu tidak terlalu luas, di dalamnya ada 4 tempat tidur bertingkat, dan 4 lemari baju kecil, di atas lemari itu sekaligus juga meja belajar, tempat buku-buku pelajaran disimpan. Oh iya, masing-masing kamar punya kamar mandi sendiri, letaknya jauh agak di belakang, jadi pagi-pagi kami harus berlomba untuk ngantri mandi :D Penghuni asrama ini adalah para siswi yang bersekolah di sekitar asrama, biasanya rumah mereka cukup jauh dari Cirebon seperti tante, teman-teman tante paling banyak berasal dari Indramayu.

Tinggal beramai-ramai seperti itu, membuat tante harus memiliki rasa toleransi yang tinggi. Coba Kaka bayangkan ya, pulang sekolah kan capeee banget tuh, saat tante ingin tidur siang sebentar sebelum pergi les atau latihan basket, teman sekamar tante malah menyetel radio keras-keras, karena baginya menghilangkan penat bukan dengan tidur siang, tapi ya mendengarkan radio itu sambil ikut bernyanyi-nyanyi ria, hiks.

Atau, saat mau pergi ke luar, sandal jepit butut entah dipakai siapa, bukan dicuri lho ya, cuma ‘dipinjam’ he he. Banyak deh kejadian-kejadian yang menguji kesabaran seperti itu. Kenapa Ka? Basket? Iyaa… dulu tante pemain basket sekolah lho, tim sekolah tante namanya “Cheepers”, plesetan dari Cipto pertama, atau Jalan. Cipto No.1, alamat sekolah tante hehehe.  Kaka suka main basket ga? Kalau suka kapan-kapan kita main sama-sama yaa :)

Di asrama itu pula tante mengenal berbagai macam sifat dan karakter orang. Ada yang baik, ada yang pelit, ada yang pendiam, ada yang judes, macam-macam lah. Ada teman yang sangat rajin belajar, hingga teman si tukang bolos. Ada juga teman yang sangat sholehah, hingga teman yang jadi pemakai narkoba. Jadi yang perlu diingat Ka Hilwa, kita harus seperti ikan di lautan, yang tidak lantas menjadi asin saat hidup di lautan. Errr…iyaa, maksudnya tetap menjadi diri sendiri yang terbaik. Tidak asal ikut-ikutan teman, yang baik ya diikuti, yang tidak baik harus dijauhi dunk. Kenapa? Kalo ga temenan takut dijutekin? eits, jutekin balik lagi aja Ka *sigh*..

Nah, di asrama itu, ada sebuah tradisi ‘banjur-banjuran’ bagi siapapun yang berulang tahun. 2 tahun sebelumnya tante pasrah saja saat teman-teman satu asrama beramai-ramai membanjur tante dari kanan kiri depan belakang, tanpa tante melakukan perlawanan sedikit pun.  Tapi berbeda saat tahun 1998 itu, mungkin karena tante sudah kelas 3 ya, jadi merasa paling senior, serasa paling jago gitu deeh. mungkin juga karena ingin balas dendam ya, pokonya waktu itu tante pengen teman-teman semua ikutan berbasah ria dengan tante.

Singkat cerita, tante sudah basah kuyup. Seluruh asrama sedikit atau banyak sudah ikut berpartisipasi dalam membuat tante basah itu. Panitianya tentu teman-teman sekamar tante, waktu itu tante ada di kamar F (yup, kamarnya dari kamar A sampai L). Teman-teman lain kamar sudah menyelamatkan diri. masuk ke kamar masing-masing, pura-pura belajar di ruang belajar, atau sibuk mengaji di mesjid. Tinggallah korban aksi balas dendam tante adalah teman-teman sekamar tante itu, yang tidak bisa berkutik mati gaya di dalam kamar karena tante sudah menghadang pintu dengan 2 ember berisi air di kanan kiri tante. hehehe….kayak koboy ya, tapi pistolnya diganti jadi ember :D

Ada seorang teman tante yang sama-sama kelas 3 di kamar itu -kita sebut aja tante Dewi- yang menjadi pemimpin dari aksi pembanjuran tante. Rupanya tante Dewi menemukan sebuah ide untuk menyelamatkan diri dari aksi balas dendam tante. Dia mengajak teman-teman sekamar tante, untuk sama-sama duduk di tempat tidur tante, kebetulan tempat tidur tante itu letaknya yang paling dekat ke pintu. Bahkan, seragam tante yang akan dipakai besok hari pun, digantungkan di depan mereka sebagai tameng. Yup, maksudnya adalah agar tante membatalkan upaya balas dendam, karena kalau tante tetap mengguyurkan air di ember itu pada mereka, maka seragam dan tempat tidur tante akan basah.

Apakah tante mengurungkan niat itu? Oh…tentu saja tidak. Semakin dilarang, semakin ingin tante melakukan. Semakin dihalang-halangi, semakin semangat tante membalas dendam *ups*. Jadilah tante tetap menghabiskan si isi ember itu dan membuat teman-teman sekamar tante itu basah kuyup, begitu juga kasur dan baju seragam tante. Puasssss deh rasanya hihihihi…

Kenekatan tante itu, membuat tante Dewi marah. Padahal kami adalah sahabat baik, apalagi tante dan tante Dewi dulunya sekolah di SMP yang sama, walaupun kemudian sekolah di SMU yang berbeda. Entah berapa lama (tante lupa) kami perang dingin. Tante sudah meminta maaf, tapi tante Dewi cuek beibeh tidak merespon, Ya sudah…diam-diaman lah kita. Bahkan tante Dewi pindah kamar, tidak mau sekamar dengan tante lagi. Ini cukup membuat tante sedih, walaupun tidak membuat tante menyesal atas aksi mengguyur kasur itu hihihihi. Tante juga dihukum tidak boleh keluar asrama -kecuali untuk sekolah atau les- oleh ibu Asrama, karena sudah membuat kasur asrama basah kuyup hihihi…Ka Hilwa jangan mencontoh sikap tante ini yaa…

Begitulah kisah unik tante Ka. Sweet seventeen tante tidak semanis ulang tahun ke-17 lainnya. Tentu tante tetap menerima hadiah-hadiah dari teman-teman, termasuk dari gebetah *halah*. Tapi yang paling membekas ya itu tadi, ke-keras kepala-an tante dan sempat rusaknya persahabatan tante dengan tante Dewi di ulang tahun tante yang ke-17,  walaupun pada akhirnya kita baikan lagi, kan namanya juga sahabat, pasti harus saling memaafkan :)

Hmm…masih ada 7 tahun lagi buat Ka Hilwa merayakan ulang tahun ke-17. Tante doakan pada saat itu kisah Kaka lebih manis dan menyenangkan yaa, tidak seperti kisah tante yang ‘teu pararuguh’ itu (tanya sama Mama artinya apa ya.. hihihihi). Selamat ulang tahun yang ke-10 Kaka, semoga Kaka tetap menjadi kebanggaan Mama, Papa dan De Syafiq yaa… *peluuuuk*

About these ads

§ 29 Responses to Sweet Seventeen (?)

  • isnuansa says:

    Cirebon? Saya sama si Om blogger sebelah sudah pernah jalan2 ke sana.

    Wah, SMU di asrama tiga tahun ya? Pasti mandiri deh jadinya.

    Met ultah ya buat Hilwa dan Syafiq, meluncur ah ke blognya…

    Orin : Wah? pernah jalan2 ke Cirebon jg toh mba Is? kemananya kah?
    He he…mudah2an lumayan mandiri ya mba :D

  • elsa says:

    hhhm….
    berencana ikutan juga nih aku
    semoga sukses ya Mbak
    hehehhee

    Orin : ayo ikutaann… ditunggu lho tante El ;)

  • bundamahes says:

    kerasnya segimana Teh?! kelapa kalah gak?!

    Orin : beda tipis laaahhh qiqiqiqi

  • hilsya says:

    huahaha.. yg ketawa mamahna ti heula..
    kok idem ama mamah jaman sma ya?

    makasih banyak tante Orin.. yg baca pasti si kaka nih, dede mah kabur asik maen bola :)

    Orin : Yey…seuseurian nyalira hihihi…
    Sawangsulna Teh, punten ga bisa ngasih kartu buat Dede :D

  • anny says:

    Wah jaman tante Orin ternyata sama ya dgn tante anny, kl ada yg ultah pasti banjur2an he..he…

    Orin : Sekarang msh gitu ga ya Teh? :D

  • Aan Subhan says:

    pengalaman SMUnya lumayan seru…:)

    Orin : Terima kasih masih mas :)

  • Arif Bayu says:

    Selamat ultah ya buat kaka Hilwa & dede syafiq semoga diberikan kesehatan & kemudahan,,,,,amin…….:)

    Orin : Amiin, makasih Om Bayu *kata Ka Hilwa dan De Syafiq* :)

  • Sofyan says:

    Selamat Ulang tahun Kaka Hilwa & Dede Syafiq,,wah sweet seventeen nih Kak Orin,,pengalaman hidup mandirinya kayak perlu di coba nih, berkumpul sama² yang mempunyai bermacam jenis karakter asyik juga kayaknya…

    Orin : Iya Sofyan, hidup di asrama begitu seruuu he he.

  • dewifatma says:

    Yang jadi pikiranku, malam itu tidur dimana Rin? Kan kasurnya basah :D Nekad amat yah…hahaha…

    Met Ultah buat Kaka Hilwa dan Dede Syafiq :)

    Orin : Ups….hihihi…. kebetulan msh ada tempat tidur kosong mba Dew (jadi kamarku ga pas ber-8 waktu itu), jadi aku bobo di sana deh malam itu :D

  • ga dicampur tepung apa telor gitu bun, cuma air doang.. hehehe..

    Selamat & sukses deh buat kontesnya.. :)

    Orin : Ga dibolehin sama ibu asrama -yang gualak poll itu- mas Mab, jadi cuma air, dari air di bak mandi, air bekas cucian, hingga air kopi hihihi…

  • tunsa says:

    tante..tante…aku dikasih hadiah juga nggak? :-(

    Orin : Teh Hilsyaaa….ini ci Om Ari minta hadiah niiiih *halah*

  • ysalma says:

    kadonya tante Orin unik nih, tapi jangan ditiru ngotot yang begini ya dek hilwa dan syafiq ya :)

    Orin : Betuuuulll,,,dengerin kata Tante Y nih, tante Orin jgn ditiru yaa… hihihihi

  • giewahyudi says:

    Hilsya itu singkatan Hilwa dan Syafiq..
    Kerennn..

    Orin : iya mas Gie, kreatif memang ya mama Hilsya :D

  • Susindra says:

    Waduh, sampai segitunya, ya? aksi iseng yg harusnya dihiasi tawa malah jadi perang dingin.
    Jadi ingat memori di kost Trio. kurang lebih sama saja ya dimana-mana?

    Orin : iya mba Sus, mungkin sahabatku ga nyangka ya aku senekat itu, jadi marah deh he he.

  • Lyliana Thia says:

    Dua pertanyaan, Rin…

    1. Kamu tidur dimana abis ngeguyur kasur sndiri..?
    2. besoknya pake seragam kagak?

    ahahaha… dasar nekat… semoga Hilwa bisa ambil hikmahnya….
    tapi yg namanya pernah marahan sama sahabat, membekas yah smpe skrg… walaupun akhirnya baikan… pernah marahan itu gak pernah lupa… :-)

    Orin : huwaa…pertanyaan ini lg hihihih…
    1. Aku tidur di tempat tidur berpenghuni di kamar mba.
    2. pagi2 lgsg dihajar setrikaan si seragam yg kuyup itu hohoho…

  • wew… seru juga kado yang ini meski tak ada gambar apapunnya… ^_^

    salam sore dan salam hangat dari coffee break kantor ^_^

    Orin : hehehe…iya mba Wie, ini zaman dahulu kala banget, ga ada fotonya :D

  • Lidya says:

    kost2an nya serem ga tante? itu pertanyaan Kaka Hilwa dan Dede Syafiq… :)

    Orin : Lumayan syerem, sering ada ‘penampakan’, tapi ALhamdulillah tidak menampakkan diri ke tante Orin hihihihi

  • Gaphe says:

    banjur-banjuran tuh semacam gebyur-gebyuran pake air gitu kah?.. beda bahasa, sama maksudnya.. dan emang jadi tradisi penyiksaan buat yang ultah tuh jadi suatu hal yang gak boleh ketinggalan

    Orin : ups…sudah kuduga banjur2an ini lebih ke bahasa sunda hihihi… Maafkan yaa..
    Iya mas Gaphe, semacam itulah, pokonya hasil akhir : b.a.s.a.h ^^

  • monda says:

    kasurnya basah… tante Orin tidurnya jadi ngungsi ya..
    berapa hari kasurnya kering?

    Orin : Whua….jadi malu sm Bunda. kasurnya sehari juga kering kok Bun, Cirebon puanasss…

  • Rizki says:

    aseeekkkk,,,,Janten inget masa masa SMA..haduh ieung tresna ka jaman baheula.. :D

    Orin : Emh…aya nu kaemutan kieu he he

  • fitrimelinda says:

    kalo ngekos emang musti punya toleransi yang tinggi banget yah mbak.. :D

    met milad yah hilwa dan syafiq..semoga jadi anak yang sholeh dan sholeha,, :)

    Orin : Yup, betul bgt Fit ;)
    Aamiin *kata Kaka Hilwa dan Dede Syafiq*

  • omman's says:

    Orin kamu sekolah di Cirebon? Saya suka ke Palimanan main kerumah teman sekantor yg kakek/neneknya tinggal disitu. :P

    Orin : Iya Om, SMU di Cirebon, rumah mah di Majalengka :D

  • IndRa SP says:

    switseventin??? *congrats yak :D

    Orin : heuheu… switseventinnya bertahun lalu kalo saya mah :D

  • Alris says:

    Bikin cerita buat yang mau ulang tahun bisa jadi posting. Keren…. Sukses selalu.
    Salam

    Orin : Terima kasih Alris :)

  • @brus says:

    OOo gitu ya Orin … pantes sampe kini ‘keras ….? :P

    Orin : hahaha…begitulah Brus :P

  • arman says:

    hehehe seru ya cerita2nya pas masa sma… :)

    gua pas ultah 17 ngapain ya… gak inget malahan. huahahaha

    Orin : Iya mas…aku jg hampir2 lupa hihihihi

  • nia/mama ina says:

    wahh tente orin mah emang hebat kalo disuruh buat cerita/dongeng…sip untuk kontesnya…smoga menang….

    btw aku juga pernah marahan sm teman sebangku gara2 masalah sepele…..dari kelas 1 loh….kelas 3 baru baikan itupun pas udah mau ujian hehehe….

    Orin : Aiiiih, jadi tersapu2 hihihi..
    Walaaah…padahal teman sebangku ya mba ckckcck

  • Elsa says:

    waaah bisa menang nih
    saingan berat kalo gitu!!!
    habis ceritanya bagus banget sih

    Hahahahhaa
    just kidding Mbak
    semoga menang yaaa

    Orin : Alhamdulillah belum menang mba El *halah*, tapi seru memang kalo inget kejadian ini he he he

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Sweet Seventeen (?) at Rindrianie's Blog.

meta

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,151 other followers

%d bloggers like this: